Asal Usul Madihin

Hendra Alam salah seorang seniman Madihin kalimantan Selatan (foto : azka/klikkalsel)
BANJARMASIN, klikkalsel.com – Kesenian Madihin tentunya buka asing lagi masyarakat Banjar, hiburan lisan dengan bahasa banjar dibantu dengan alat musik terbang atau gendang.
Salah seorang Putra Alm Jhon Tralala yang juga seniman madihin Hendra Alam mengatakan, arti kata Madihin sendiri berasal dari kata madah dalam Bahasa Arab yang berarti nasihat atau juga pujian.
Kesenian Madihin di Kalsel bermula tahun 1960-an sangat terkenal berasal dari Kandangan, Hulu Sungai Selatan, daerah Bangkau.
Madihin di Kasel sendiri terbagi atas dua, yaitu Madihin Pakem dan Madihin Kocak (modern).
Madihin Pakem tersebut adalah Madihin yang menceritakan tentang buadya, kisah-kisah kerajaan dan agama, sementara Madihin kocak tentang sosial dan kehidupan yang saat ini berlangsung.
“Bedannya Madihin Pakem jika saat tampil orang tertawa sang madihin tidak sukses membawakan madihin pakem tersebut, namun jika madihin kocak (modern) sebaliknnya,” Katanya.Selasa (7/1/2019).
Lanjutnnnya, untuk Madihin Pakem sendiri memiliki susunan kalimat, pantun dan isi yang disampaikan kalau madihin kocak atau modern sesuia dengan pesanan yang mengundang.
“Misal acara kelulusan disebuah perguruan tinggi berati tuturnnya harus mengenai pendidikan, politik dan sebagainnya,” ucapnnya.
Sementar Madihin Pakem juga diperkenalkan dari sejumlah orang tetua seperti Joemairi, Abang Sam’un, dan Khair. Dan untuk Madihin Modern oleh H Jhon Tralal (Alm).
Lagu dalam Madihin Pakem juga ada tiga tahap yaitu soal, jawab, dan jawabul jawab. Sedangkan di Madihin Kocak tidak ada. Artinya lirik di Madihin Pakem itu nadanya bertingkat dan Madihin Kocak rata.
“Pukulan musiknya pun sangat berbeda. Dalam Madihin Pakem akan kita temukan berupa kaprakan, pukulan iringan, pukulan jeda, dan pukulan penutup. Sedangkan dalam Madihin Kocak tidak ada,” jelas Hendra
Kedepan kesenian Madihin ini berencara akan mengadakan work shop para pemadihinan agar para pemadihinan yang sekarang mengetahui asal usul.
“Jangan sampai para pemadihinan tidak mengetahui asal usul madihin tersebut,” ucapnnya.
Diharapkan Madihin dapat terus dilestarikan dan mengembangkan Madihin dengan kreasi yang baru tanpa meninggalkan tutor aslinnya atau pakem tersebut.
“Saya berharap kesenian madihin ini jangan sampai punah kepada masyarakat, generasi muda terutapa pecinta madihin untuk terus mengembangkan madihin dengan karya yang baru tanpa meninggalkan karya aslinnya,” tutup Hendra.(azka)
Editor : Amran

Tinggalkan Balasan