Duta BK Harus Miliki Kemampuan

Bakat serta potensi diri di curahkan peserta duta Bimbingan Konseling seperti tarian, lagu, freestyle bola dan sebaginya. (foto : azka/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel– Peserta Duta Bimbingan Konseling (BK) 2018 telah melewati beberapa tahapan seleksi. Kini, para kandidat kembali tampil di laga final sebagai tahapan pamungkas.

Bakat serta potensi diri di curahkan peserta duta Bimbingan Konseling seperti tarian, lagu, freestyle bola dan sebaginya. (foto : azka/klikkalsel)

Riuh tepuk tangan serta teriakan untuk memberikan dukungan kepada calon kandidat bergemuruh di di Aula Gedung Bimbingan Konseling Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Sabtu (3/3/2018).

Selama tiga hari calon melewati BK melalui berbagai tahapan seleksi oleh para dewan juri. Di hari pertama peserta sudah melalui tes wawancara, kemudian dilanjutkan sosial aktual yang terjadi di masyarakat, kepribadian dan moralitas, serta kekayaan khasanah budaya. Peserta menjalani tes di hari kedua dengan pembekalan dan hari ketiga Final pemilihan.

Ketua Program Studi Bimbingan dan konseling FKIP ULM Dr. Ririanti Rachmayanie mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan sebagai pemilihan Duta BK.

Tujuannya kata dia, bisa membawa nama Bimbingan dan Konseling untuk menjadi promosi serta mensosialisasikan kampus terutama program BK tersebut.

“Mereka menjadi perwakilan disetiap kegiatan program studi BK mendampingi dosen,” katanya.

Ditambahkan Ririanti, tidak ada spesipik khusus bagi calon peserta sebagai Duta BK tersebut, namun sebagai calon wajib memiliki nilai 3, 00 dan bakat bakat yang menonjol seperti olah raga, kesenian, Tari serta bakat yang lainnya yang dapat dipromosikan.

“Untuk kreteria fisik tidak ada tapi yang jelas mahasiswa yang ikut sebagai Duta wajib memiliki nilai 3,00,” ucapnya.

Sementara Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan Ali Rachman, mengatakan ini sebagai wadah pembekalan serta membuka wawasan potensi mahasiswa nantinya, sehingga siap menghadapi berbagai tantangan kedepan dengan bekal kemampuan yang dimiliki seperti bakat seni, pengetahuan serta kemampuan lainnya.

“Duta BK bisa dibilang perwakilan mahasiswa bimbingan konseling dengan kata memberikan yang terbaik sekaligus membanggakan untuk program studinya,” tandasnya.(azka)

Editor : Amran