Opini

Bagaimana Menjadi Seorang Pupblic Relation?

Public Relation

Oleh : Muhammad Yanuar Iqbal
Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Komunikasi

Banyak siswa yang tengah duduk di bangku kelas 12 Sekolah Menengah Atas seDerajat, yang suka dan aktif dalam sebuah organisasi internal sekolah ataupun external sekolah dalam organisasi tersebut mereka secara tidak langsung melakukan komunikasi antar anggota bahkan mereka juga berkomunikasi kepada pihak pihak yang memiliki suatu tujuan bekerja sama dengan mereka.

Secara sadar mereka menjadi seorang penghubung dari organisasi yang mereka ikuti istilah dalam Ilmu Komunikasi individu tersebut, adalah seorang Public Relation yang menjadi ujung tombak untuk mendapatkan hasil terbaik dari sebuah negosiasi yang dilakukan antara organisasi tersebut dengan pihak lain nya.

Bagi sebagian besar dari mereka yang pernah berada di posisi Pulic Relatio, mereka senang dengan hal itu karna bisa bertemu orang baru dan berbagai karakter yang bisa ia pelajari dari sebuah negosiasi tersebut karna hal tersebut menjadi salah sati alasan mereka memilih untuk berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi dan mengambil konsentrasi Public Relation.

Kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi dengan mengambil konsentrasi Public Relation tidak hanya belajar bagaimana menggiring opini agar apa yang di inginkan oleh pelaku Public Relation terlaksana namun, diajarkan pula hal lain yang menjadi pendukung suksesnya seseorang menjadi Public Relation yang baik dan bisa di percaya oleh tempat dimana ia bekerja dan pihak klien.

Selain di andalkan untuk berbicara dengan sesuai kode etik Public Relation ia di tuntut dengan penampilan yang sopan, santun, rapi serta menarik hal ini di tujukan agar seorang Public Relation bisa memberikan kesan awal yang baik terhadap lawan bicaranya dan bisa meyakinkan dirinya dapat di percaya oleh klien tersebut.

Pemilihan tutur kata yang baik juga harus dipilih dan dilakukan secara hati hati agar klien tidak merasa tergangu dengan kita selaku Public Relation yang berhadapan denganya, namun seorang Public Relation harus bisa membangun suasanya yang nyaman untuk semua orang yang sedang berbicara denganya karna hal tesebut bisa membuat seorang pelaku Public Relatioan dipercaya oleh klien.

Seorang pelaku Public Relation harus paham betul tentang apa yang ingin di bicarakan bahkan karakter lawan bicaranya agari bisa mempengaruhi atau tidak merugikan tempat ia bekerja karna melakukan kesalahan saat negosiasi, dengan penguasaan materi yang baikdan bisa berkomunikasi secara lancar maka pelaku Public Relation di harapkan apa yang di inginkan oleh atasan atau tempat dimana pelaku Public Relation bekerja ini dapat tercapai.

Dalam kode etik Public Relation pelaku Public Relation harus bisa menjaga kerahasiaan dari tempat ia bekerja agar tempat ia bekerja, bisa di anggap menjadi infestasi yang meyakinkan untuk bekerja sama dengan klien dan pelaku Public Relation juga harus bisa mengambi keputusan secara tepat dan cepat jika ada suatu pertanyaan yang di sampaikan klien hal tersebut kemabali lagi bisa memperkuat kepercayaan dari klien.

Dalam pertemuan antara pelaku Public Relation dan klient penampialn yang sopan dan sesuai dengan tema atau lingkungan tempat bertemu juga menjadi penting untuk di perhatikan, tak hanya sampai disitu pelaku Public Relation pun harus memperhatikan kerapian penampilanya se detail mungkin dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Untuk menjadi seorang pelaku Public Relation memang tidak mudah banyak yang harus di persiapkan sejak dini, baik dari cara berpenampilan, cara berkomunikasi yang baik hingga cara makan yang sopan dan benar, namun hal tersebut bisa di pelajari secara perlahan baik dengan apa yang kita dapat saat perkuliahan dan bisa juga belajar secara langsung dengan orang yang sudah berpengalaman di bidang tersebut.

Namun seorang pelaku Public Relation tidak hanya bisa mengandalkan ilmu yang ia dapat, namun juga harus selalu berlatih dan menambah pengalaman dalam Public Relation tersebut, agar ketika ia di butuhkan maka siap untuk memberikan yang terbaik untuk tempat dimana ia bekerja.

Menambah pengalaman Public Relation bisa dengan berbagai cara bisa dengan berinteraksi dengan khalayak biasa dan memberikan suatu topik pembicaraan yang dalam topik tersebut bisa terjadi neogsiasi atau adu argument antara kita dengan khalayak tersebut, juga bisa kita berlatih dengan menggiring opini di hadapan khalayak apakah bisa mereka terpengaruh dengan oponi yang kita berikan.

Banyak hal yang menguntungkan menjadi seorang pelaku Public Relation kita bisa mengenal orang yang berbeda setiap harinya saat bernegosiasi, memahami banyak karakter orang yang berbeda beda satu dengan lainnya, bisa mendapatkan relasi dan memperjauh jaringan komunikasi kita agar mudah untuk merealisasikan suatu tujuan internal ataupun kepentingan yang di perlukan tempat kita bekerja.

Menjadi seorang pelaku Public Relation di dasari dari kepercayaan diri yang baik, bisa mengontrol emosi, mampu meyakinkan khalayak dengan apayang telah ia katakana, serta mampu merealisasikan apa yang telah ia katakana terhadap perkataanya.

Terlebih pula pekerjaan seorang Public Relation terbilang sangat fleksibel dan kesempatan untuk bekerjanya pun sangat luas bisa masuk ke dalam pemerintahan, perusahaan, menjadi seorang pengusaha, menjadi seorang pengamat, atau bahkan menjadi seorang politikus yang baik karna memiliki ilmu berkomunikasi yang sangat baik. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top