Pembangunan SMK Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan Belum Terealisasi

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nuryadi

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Rencana pengadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan, tidak serta merta bisa terealisasi.

Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin, Nuryadi bahwa rencana pengadaan SMK Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan tersebut mencuat saat pelaksanaan Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).

“Kami di tahun 2022 kemarin memang sudah ada mengusulkan anggaran dalam pembahasan bersama DPRD Banjarmasin, bahwa kita harus mempunyai lahan tanah untuk disiapkan untuk pembangunan tersebut,” ucapnya, Selasa (21/2/2023).

Nuryadi juga menerangkan beberapa langkah untuk mendapatkan laha yang akan dijadikan SMK Negeri tersebut.

“Ada juga yang sudah menawarkan ke Dinas Pendidikan sertifikat adat tanah di kawasan Banjarmasin Selatan itu,” tuturnya.

Namun menurutnya seiring berjalannya waktu, pihaknya kembali mendapatkan usulan-usulan lain pembangunan SMK Negeri.

“Seperti di Kelurahan Sungai Andai, yang langsung menghadap ke perwakilan DPRD,” ungkapnya.

Baca Juga : Bupati Tabalong Sambut Kedatangan Komisi IV DPRD dan Disdik Kalsel, Bahas Pengembangan SMK 1 Haruai

Baca Juga : Terlalu Lamban, Pemko Banjarmasin Disalip Paman Birin

Meski demikian ia mengatakan bahwa karena SMK Negeri ini kewenangannya ada di Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, dan pihak dari Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin pun sudah melakukan koordinasi berkaitan hal tersebut.

“Kami di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin sudah mengutus Sekretaris bagian aset ke Dinas Pendidikan Provinsi berkaitan permintaan pembangunan SMK Negeri tersebut,” ujarnya.

“Namun karena persiapan masih belum ada realisasi pembelian tanah maka itu akan kami tinjau dan evaluasi lagi sesuai dengan keinginan warga Banjarmasin Selatan dan Kelurahan Sungai Andai,” sambungnya.

Selain itu ia pun berharap ada kebijakan lain dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, karena kewenangan berada di Dinas Provinsi.

“Alangkah lebih baik lagi apabila Dinas Provinsi yang mencari tanah, membangun dan pengadaan,” harapnya.

“Karena kami di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin yang menangani SMP, SD, TK dan PAUD, masih sangat banyak yang diperhatikan,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran