Banjarmasin Perkuat Pelestarian Bahasa Daerah Melalui Program Revitalisasi Serta Apresiasi Karya Siswa

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina saat melihat koleksi pameran dari para siswa SDN Pasar Lama 1

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin menggelar puncak apresiasi dan pameran hasil pengimbasan Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kota Banjarmasin, yang berlangsung di Sekolah Dasar Negeri Pasar Lama 1.

Kegiatan tersebut dibuka Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina dan dihadiri, plt Kepala Disdik kota Banjarmasin, Ahmad Baihaqi, Perwakilan Balai Bahasa Provinsi Kalsel, serta perwakilan guru di lingkup Pemko Banjarmasin.

Ibnu Sina menyampaikan bahwa Pemko Banjarmasin melalui Disdik memberikan apresiasi sekaligus melihat langsung pameran hasil pembelajaran pengimbasan revitalisasi bahasa daerah.

“Tahun lalu, kita sudah mendapat penghargaan Tunas Bahasa Ibu dari Pak Menteri Pendidikan Ristek, dan ini salah satu implementasinya,” ujarnya, Senin (7/01/2024)

Baca Juga : 12 Pejabat Eselon III dan IV Di Pemko Banjarmasin Dilakukan Pergeseran Jabatan

Baca Juga : NaGa Cilik Kota Banjarmasin: Tumbuhkan Karakter Cinta Pariwisata Sejak Dini

Dalam pameran tersebut, Ibnu melihat berbagai karya siswa yang menunjukkan adaptasi antara metode pembelajaran tradisional dan teknologi modern.

“Tadi saya lihat ada tulisan tangan langsung Kisdap (Kisah-kisah Handap), kemudian ada bepandung, ada juga yang menggunakan aplikasi dan barcode scan,” tuturnya.

“Ini menunjukkan bahwa teknologi pembelajaran sudah diadopsi oleh guru-guru kita. Jadi, tidak hanya manual seperti tulisan tangan saja, tetapi kita juga tidak tertinggal dari segi teknologi informasi,” sambungnya.

Program revitalisasi bahasa daerah tersebut, menurutnya merupakan bagian dari inisiatif nasional yang diterapkan di seluruh Indonesia. Khusus di Banjarmasin, revitalisasi itu difokuskan pada pelestarian bahasa Banjar.

“Dalam dunia pendidikan, kita mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, yaitu bahasa Banjar, serta mendorong penguasaan bahasa asing. Jadi, ini sudah lengkap,” tuturnya.

Dengan adanya upaya tersebut, ia pun berharap, program revitalisasi dapat membawa manfaat besar bagi anak didik di Banjarmasin, baik dalam melestarikan budaya lokal maupun dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah.

Dalam kesempatan itu juga, Ibnu Sina, meresmikan bangunan laboratorium komputer baru yang dilengkapi dengan laptop.

“Dengan adanya fasilitas ini, anak-anak kita dapat melaksanakan Ujian Nasional berbasis online di ruangan ini,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran