6 Sekolahan di Tabalong Diajukan Sebagai Kandidat Sekolah Rujukan Google 2024

6 Sekolah di Tabalong diajukan sebagai kandidat Sekolah Rujukan Google 2024

TANJUNG, Klikkalsel.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tabalong telah mengajukan 6 sekolah di Tabalong sebagai kandidat Sekolah Rujukan Google Indonesia pada tahun 2024.

Dari 6 kandidat Sekolah Rujukan Google tersebut, terdapat 3 sekolah dasar dan 3 sekolah menengah pertama.

Adapun 6 sekolah tersebut yaitu SD Negeri 2 Hikun, SD Negeri 2 Pembataan, SD 1 Titik 5 Belimbing Raya, SMP Negeri 1 Tanjung, SMP Negeri 2 Tanjung, dan SMP Negeri 4 Tanjung.

Kepala Disdikbud Tabalong, Tonie Marwan menjelaskan Sekolah Rujukan Google ini merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka percepatan penerapan digitalisasi di sekolah.

Saat ini, Disdikbud Tabalong telah melakukan pendekatan dengan Google Indonesia terkait kerja sama tersebut.

Baca Juga : Pj Bupati Tabalong Harapkan UMKM Beradaptasi Pada Era Digitalisasi

Baca Juga : Dispersip Tabalong Upayakan Pengingkatan Literasi

“Saat ini begitu derasnya transformasi digitalisasi yang merambah ke semua sektor kehidupan kita tanpa terkecuali dunia pendidikan. Kalau kita tidak mencoba beradaptasi dengan transformasi digitalisasi, kita bisa membayangkan kita jalan di tempat. Oleh karena itu, untuk memenuhi sekolah Google Indonesia ini, boleh dikatakan 75 persen sumber daya manusia di satuan pendidikan itu sudah siap berdigitalisasi,” jelasnya, Jum’at (30/08/2024).

Tonie mengatakan nantinya 6 sekolah yang menjadi kandidat Sekolah Rujukan Google ini akan menjadi sekolah percontohan awal dalam penerapan digitalisasi di sekolah.

Selain itu, Google Indonesia juga akan melakukan pembinaan terhadap para trainer yang ada di 6 sekolah tersebut.

Untuk mendukung terlaksananya Sekolah Google ini, Pemerintah Kabupaten Tabalong telah menyediakan anggaran bagi 2 sekolah melalui APBD Induk 2024 dan 4 sekolah melalui APBD Perubahan 2024. (Dilah/adv)