Truk Bermesin Canggih Siap Bersihkan Debu Jalanan

BANJARMASIN, klikkalsel– Truk bermesin canggih yang berfungsi menyapu dan pengisap debu akan diluncurkan demi kenyamanan warga Kota Banjarmasin.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Banjarmasin H Mukhyar, mengatakan, dua unit truck itu dibeli dengan harga Rp6 miliar yang bersumber dari APBD Banjarmasin 2017.

“Kehebatan truk tersebut tidak hanya bisa menyedot debu, namun krikil dan sampah yang ada di selokan pun bisa dibersihkan. Jadi mobil ini dirancang memang khusus untuk masalah sampah dan debu di jalanan,” beber Mukhyar, Kamis (6/12/2017).

Bahkan kata dia, hadirnya truk tersebut memang dibutuhkan saat ini, guna mendukung Kota Banjarmasin selalu bersih, apalagi kota julukan Seribu Sungai ini sudah tiga kali meraih penghargaan Adipura pada 2015, 2016 dan 2017.

Menurut dia, truk penyapu jalan akan dioperasikan dijalan protokol, utamanya di Jalan A Yani dan Lambung Mangkurat.

“Bahkan bisa juga dioperasikan untuk membersihkan sampah misalnya habis ada acara besar, sebab ada dilengkapi juga dengan pipa penyedot sampah pelastik dan kertas,” ungkapnya.

Dia juga mengharapakan dengan kedatangan dua unit truk penyapu jalan ini akan sangat bermanfaat, di mana jalan-jalan di kota ini akan terlihat bersih dari kotoran-kotoran debu maupun bekas-bekas sampah pelastik lainnya, bahkan hingga kesaluran airnya.(baha)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.