Sampaikan Peran Guru BK, Lewat Poster

Berbagai poster tampilan, dimana peran konselor sangat membantu mengatasi permasalahan terhadap anak didik
POSTER GURU BK – Berbagai poster tampilan peserta lomba, dimana peran konselor sangat membantu mengatasi permasalahan terhadap anak didik. (azka/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Pengumuman pemenang lomba poster kreatif tentang peran konselor menjadi penutup kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa (Pimwa ) Universitas Islam kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Kamis (21/12/2017).

Lomba yang diikuti puluhan peserta dari sejumlah Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Banjarmasin itu dimenangkan M Ramadhani, mahasiswa Unlam sebagai juara pertama, kedua Nur Fasrina Hayati mahasiswa UIN dan ditempat ketiga Habibi Mahasiswa Uniska.

Menurut Sekretaris Prodi BK Uniska Akhmad Rizkhi Ridhani M.Pd Kons, peran guru bimbingan konseling (BK) harus kreatif atau kekinian dalam menjawab tantangan permasalahan anak didik yang beraneka rupa.

Jadi, tidak hanya dipecahkan melalui diskusi atau berdialog. Bisa juga menggunakan media gambar berupa seruan, ajakan, serta himbauan. “Sehingga anak didik lebih bisa memahami kehadiran dan peranan seorang guru BK,” ujarnya.

Makanya, kata dia, lomba poster yang digelar tersebut berupa seruan dan ajakan anak didik disekolah agar jangan ragu untuk berkomunikasi dengan guru BK. Apalagi, saat ini masih yang tidak mengetahui fungsi guru BK dalam membimbing dan membantu persoalan murid yang kerap muncul di sekolah.

Keputusan pemenang lomba poster itu ditentukan juri tunggal Arifin Noor dari Harian Kalimantan Post.

Namun, katanya, pemenang lomba tersebut sudah memenuhi beberapa kriteria poster himbauan, ajakan serta pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat atau orang tertentu baik itu di lingkungan sekolah atau lainnya.

Penyajian sebuah poster harus jelas dan terbaca, kombinasi gambar dan tulisan tersebut tidak berlebihan, tidak memaksakan kehendak tampilan dan sesuai dengan tema, serta perpaduan warna dan kombinasi menjadi sajian menarik . “Tapi tampilan eye catching, sekali lihat bisa jadi perhatian dan diingat,” katanya. (azka)

Editor : Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.