Banjarmasin

Ratusan Anak Diayun Maulid

BAAYUN MAULID – Seorang anak, peserta Baayun Maulid, saat diayun Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina-Hermansyah.(istimewa/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Sebanyak 491 orang warga kota Banjarmasin dari bayi kecil hingga orang tua mengikuti tradisi Baayun Maulid yang digelar di Masjid Jami Nurul Amilin, jalan Kelayan B, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Sabtu (1/12/2017).

Tradisi yang sudah diselenggarakan sejak Kesultanan Banjar untuk memperingati kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW yang bertepatan pada 12 Rabiul Awal tersebut diikuti pula Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, pertama kalinya Baayun Maulid diselenggarakan di Mesjid Jami Nurul Amilin, serta kegiatan tahunan ini juga bertujuan untuk melestarikan kebudayaan daerah khususnya untuk generasi muda agar mereka tahu tentang tradisi Banjar.

“Ini kampung tuha (tua), dan belum pernah diadakan kegiatan Baayun Maulid disini, tapi Alhamdullillah untuk tahun ini mesjid tertua ke-3 di kota Banjarmasin bisa melaksanakan kegiatan Maulid Nabi,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya oleh Pemko Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. “Tetapi untuk tempatnya tidak mesti disini saja, bisa dipindah ke tempat lain,” katanya.

Kegiatan ini juga sebagai wahana terhadap generasi penerus untuk mengetahui tradisi banjar yang berkaitan dengan kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW. “Semoga saja mereka bisa meingatnya sampai tuha kena,” jelasnya.(baha)

Editor : Farid

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top