Balangan

Pantau Lokasi Banjir, Bupati Balangan Serahkan Bantuan untuk Tiga Desa

PARINGIN, klikkalsel.com – Pasca banjir di Kabupaten Balangan, beberapa lokasi masih membutuhkan bantuan salah satunya yang masih terdampak genangan air yakni desa Pimping kecamatan Lampihong.

Bupati Balangan, H Ansharuddin langsung kunjungi Desa terdampak banjir di Balangan. Dimana saat ini masih ada beberapa desa yang menjadi prioritas untuk penanganan.

Tak hanya sekadar meninjau, pimpinan wilayah berjuluk Bumi Sanggam ini juga menyerahkan bantuan kepada warga. Terutama bantuan sembako dan rencananya penyaluran makanan siap saji. Satu desa yang dikunjungi yakni Desa Pimping.

Ansharuddin didampingi Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi beserta tim dari Polres Balangan dan instansi lainnya mendatangi warga disana. Mereka juga berinteraksi dengan masyarakat yang terdampak, Selasa (19/1/2021), kemarin.

Kepala Desa Pimping, Abdul Ghani menjelaskan tentang kondisi desa. Sedikitnya, hampir 118 KK terdampak dalam bencana yang terjadi.

Baca Juga : 73 Sekolah di Balangan Terdampak Banjir

Ansharuddin menerangkan, saat ini ada beberapa desa yang mendapat bantuan sembako. Terutama mereka yang baru saja terdampak banjir di Balangan. Di antaranya Desa Pimping dan Desa Jimamun serta Desa Tanah Habang Kiri.

Sementara secara keseluruhan, penanganan terhadap dampak bencana juga dilakukan. Terutama pada sejumlah kecamatan yang sebelumnya juga mengalami kebanjiran.

“Pada desa ini berjumlah 118 KK dan jumlah jiwanya 480 dan mereka memerlukan bantuan. Sehingga kami dari BPBD, BNPB dan TNI Polri serta warga mendirikan posko umum,” ucap Ansharuddin.

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan berupa sembako, beras dan obat-obatan. Termasuk adanya pakaian anak-anak dan kebutuhan lainnya.

Desa Pimping juga mendapatkan bantuan dari BNPB Balangan. Terlebih sepengetahuan Ansharuddin, Kabupaten Balangan mendapatkan bantuan dana senilai Rp500 juta dari BNPB yang nantinya akan dimanfaatkan untuk operasional posko dan sembako.

Tentang penanganan bencana di Kabupaten Balangan pula, tim BNPB turut terjun langsung untuk penanganan ke lokasi. Mereka bekerjasama dengan Pemda Balangan dan saling berkoordinasi perihal penanganan tersebut.

Sebagaimana disampaikan oleh Analis Kebijakan Direktorat Dukungan Infrastruktur Kedeputian Bidang Penanganan Darurat BNPB, Erlangga Muhammad, BNPB bersinergi dengan Pemda untuk mendukung penanganan bencana yang dilakukan. Selain itu, pihaknya juga secara simbolis mewakili penyerahan bantuan senilai Rp500 juta kepada Pemkab Balangan.

“Peran kami untuk mendukung dan mendorong percepatan pembentukan posko bencana di Balangan. Kami juga berkoordinasi dengan Pemda dalam penanganan tersebut,” ucap Erlangga. (adv/fitri)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top