Banjarmasin

Upaya Ciptakan Kawasan Bebas Sampah

BANTUAN ANGKUTAN SAMPAH – Perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Anggota DPR RI Komisi X Hasnuryadi Sulaiman saat menyerahkan secara simbolis berupa kunci kepada perwakilan kepala daerah penerima bantuan tersebut, di hotel Rattan In Banjarmasin, Senin (27/11/2017). (baha/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Menciptakan lingkungan bersih di Kalsel sebagai upaya mendukung menuju Indonesia bersih sampah 2020, pemerintah pusat memberikan bantuan sebanyak 31 unit motor angkut sampah.


Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bersama anggota DPR RI Komisi X Hasnuryadi Sulaiman di hotel Rattan In Banjarmasin, Senin (27/11/2017).

31 motor sampah ini diberikannya kepada masing masing perwakilan kepala daerah yang diantaranya dari kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Anggota DPR RI Komisi X H Hasnuryadi Sulaiman berharap, bantuan armada sampah tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga program Indonesia bersih sampah di tiga tahun mendatang bisa terwujud.

Politisi Partai Golkar Kalsel yang disapa Bang Hasnur ini merupakan inisiator pemberian motor roda tiga untuk menunjang program bebas sampah tersebut di Kalsel.

Ia menyampaikan dua hal yang harus dilakukan untuk gerakan bebas sampah tersebut, pertama implementasi regulasi yang maksimal. “Sehingga ada efek jera, dengan sanksi denda bagi pembuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Kedua, menciptakan budaya bebas sampah kepada masyarakat. Namun, ingatnya, budaya bebas sampah itu harus dimulai dari diri sendiri. “Dengan begitu masyarakat akan mencontoh serta meniru perilaku yang bisa dibilang bersih dan sehat tersebut,” katanya lagi.

Direktur Bank Sampah Induk kota Banjarmasin Fathurrahman bangga dengan kepedulian tokoh muda banua yang masih peduli terhadap lingkungan. “Saya sangat mengapresiasi, karena tidak banyak anggota dewan RI yang berjuang untuk memperhatikan lingkungan seperti Hasnur ini,” sebutnya.

Kebanggaan serupa dirasakan Ketua DPRD Kota Banjarmasin dr Hj Ananda. “Karena sebagai tokoh muda Hasnur yang tak lelah memperjuangkan hak rakyat dalam menjaga lingkungan,” ucap Runner Up Putri Indonesia ini. (baha)

Editor : Farid

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top