Air Sungai Genangi Pemukiman, Warga Diimbau Waspada

BANJARMASIN, klikkalsel– Meningkatnya curah hujan ditambah debit air Sungai Martapura semakin tinggi, sehingga perlu diwaspadai oleh warga Kota Banjarmasin.

Kamis (6/12/2017).
Kondisi tersebut mengakibatkat beberapa wilayah terendam air. Sebagaimana di wilayah Banjarmasin Selatan, Pekapuran Laut, Kelayan A dan Kelayan B terlihat air sudah meluap ke jalan.

Genangan air meluap kepumikiman warga. Hal tersebut terjadi disejumlah wilayah Kota Banjarmasin. (foto : syarif wamen/klikkalsel)

Bahkan, ada beberapa rumah warga ikut terendam. Sedangkan untuk Banjarmasin Timur, sebagian wilayah Pengambangan dan Keramat juga alami kenaikan air sungai. Sementara itu untuk wilayah Banjarmasin Utara terpantau air menggenangi ruas Jalan Jahri Saleh dan Jalan Brigjend Hasan Basry.

Anggota emergency gabungan, Ivan Gandaria yang malam itu melakuka  patroli dalam rangka memantau debit air mengatakan, hampir disemua wilayah yang ada di bantaran sungai terendam.

“Hampir disemua wilayah yang berdekatan dengan sungai terendam. Ketinggian air beragam dari yang cuma 5cm hingga hampir selutut orang dewasa,” ujarnya, Kamis (7/12/2017).

Lebih jauh ia menyampaikan, tim emergency yang berpatroli tadi malam sudah berkoordinasi dengan Babhinkantibmas setempat, agar mengimbau warga untuk lebih waspada.

“Kita mengimbau agar warga waspada. Kalau-kalau ada binatang yang masuk rumah atau juga ada kabel yang terendam,” lanjutnya.

Saat ditanya penyebab naiknya debit air sungai dirinya tak berani memastikan. “Kemungkinan kiriman air dari daerah hulu sungai yang bertemu dengan pasang naik air laut” ujarnya mengira-ngira.(david)

 

Editor : Amran