Kalsel  

Tabalong Siapkan Rp 11 Miliar untuk Siaga Bencana

SIAGA BENCANA – Tabalong membentuk tim relawan dan menyiapkan anggaran Rp11 miliar untuk penanganan bencana, seperti musibah banjir. (net)

BANJARMASIN, klikkalsel – Komisi I DPRD Kalsel tak hanya memonitor daerah yang rawan bencana, baik banjir maupun kebakaran lahan dan hutan. Mereka juga menggali informasi langsung ke daerah untuk upaya antisipasi bencana.

“Kemarin kita ke Kabupaten Tabalong mempertanyakan langsung ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait langkah antisipasi bencana,” ujar anggota Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas, Rabu (17/1/2018).

Pada kesempatan kunjungan kerja ke dalam daerah itu banyak menggali informasi soal kemungkinan datangnya banjir pada musim penghujan, dan kebakaran lahan dan hutan jika kemarau tiba.

Pihaknya pun mendapatkan informasi yang memuaskan.”Sebab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong telah mempersiapkan relawan untuk turun ketika bencana alam terjadi,” ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Bahkan pemerintah setempat telah mengelontorkan dana 2018 ke BPBD sebesar kurang lebih Rp11 miliar. “Rp4 miliar khusus untuk membayar jerih payah para relawan,” ujar Suripno Sumas.

Dari informasi yang diperoleh pihaknya, untuk banjir biasanya hanya 2 hari berlangsung di kabupaten tersebut. Banjir itu pun kiriman dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Sementara anggaran yang terbilang besar dimanfaatkan untuk penanggulangan kebakaran lahan dan hutan.”Saya yakin dengan kesiapan yang telah mapan semua bisa teratasi,” pungkasnya.(elo syarif)

Editor : Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.