Kalsel  

Si Gentong, Juara Pertama Kontes Durian

Gubernur Kalsel dan Wakil Gubernur Kalsel terlihat menikmati kontes durian yang diadakan di Desa Kiram, Kabupaten Banjar. (foto : baha/klikkalsel)

MARTAPURA, klikkalsel – Gentong, jenis durian dari Kabupaten Tapin, terpilih menjadi jawara dalam kontes durian yang digelar Pemrov Kalsel di desa Kiram, Kabupaten Banjar.

Gubernur Kalsel dan Wakil Gubernur Kalsel terlihat menikmati kontes durian yang diadakan di Desa Kiram, Kabupaten Banjar. (foto : baha/klikkalsel)

Selain durian Gentong, durian Marawin Merah dari Kabupaten Tabalong juga masuk juara kedua dan Pampakin dari Kabupaten Balangan sebagai juara ketiga.

Penilaian jenis durian yang masuk juata I II dan III tersebut, seusai rapat koordinasi bersama Bupati dan Walikota se Kalimantan selatan, Senin (5/2/2018).

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, kontes durian ini sengaja diselenggarakan untuk mengangkat setiap potensi ekonomi yang ada disetiap daerah.

“Kontes ini utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah dengan mengembangkan potensi pertanian dan perkebunan,” ucap Paman Birin sapaan akrab Sahbirin Noor.

Senada dengan Gubernur, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Kalsel, Fathurrahman menjelaskan, kontes ini diikuti oleh 91 jenis durian yang didatangkan dari 13 kabupaten/kota.

Menurutnya, pemenang kontes durian dipilih dari hasil dewan juri berdasarkan aroma dan rasa, sehingga disini bisa melihat bagaimana potensi durian lokal yang ada di Kalsel.

“Durian yang menang pada kontes ini akan kami usulkan menjadi produk unggulan nasional,” ucapnya.

Bahkan menariknya, dalam kontes ini Juara pertama mendapat hadiah uang tunai sebesar 15 juta rupiah,  juara kedua 10 juta rupiah dan juara ketiga 5 juta rupiah.(baha)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.