Ribuan Warga Banjar di Jawa Timur Senang Bertemu Paman Birin

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bersama Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jawa Timur.

SURABAYA, klikkalsel.com – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sekaligus Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar Sadunia yang akrab disapa Paman Birin menghadiri Halalbihalal 1445 Hijiriah Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jawa Timur di Gedung Islamic Center (ISC), Surabaya, Minggu (12/5/2024).

Diiringi Sinoman Hadrah setibanya di lokasi acara, Paman Birin dan rombongan disambut meriah oleh para tamu undangan dan ribuan warga Banjar yang hadir. Warga Banjar yang hadir dari berbagai pelosok kabupaten/kota se- Jawa Timur. Jumlah warga Banjar yang hadir mencapai lebih dari 2.000 warga.

Kemeriahan pun terlihat dalam gedung sesaat sebelum acara dimulai hingga acara selesai. Paman Birin mengucapakan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada warga Banjar yang ada di Jawa Timur, khususnya yang hadir diacara halalbihalal tersebut.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalsel dan masyarakat Banua, ulun mengucapakan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijiriah,” ucapnya.

Paman Birin menuturkan pertemuan hari ini merupakan kebahagian bagi semua masyarakat Banjar di Jawa Timur.

“Kekerabatan antara Banjar dan Jatim itu sangat dekat, buktinya masyarakat Banjar banyak di Jatim begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, tetap jaga kerukunan di manapun berada, di mana bumi di pijak disitu langit di junjung,” ujar Paman Birin.

Paman Birin juga mengajak para perantau Banjar untuk terus mencintai negeri dan banua mereka, Kalimantan Selatan.

“Jangan sampai kada ingat lawan kampung halaman, kita harus terus menjaga dan melestarikannya. Dengan terselenggaranya KBB ini, diharapkan dapat terus menambah kecintaan kita kepada negeri dan banua kita Kalsel,” pungkasnya.

Baca Juga : Supian HK Harapkan Ikatan KBB dan Warga Sulawesi Terus Terjaga

Baca Juga : Kantongi Dugaan Pelanggaran Netralitas Pilkada 2024, ASN Bandel Bakal Dipanggil Bawaslu Kalsel

Sementara itu, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono mengucapkan apresiasi atas kekompakkan masyarakat Banjar di Jawa Timur. Disebutkannya Jawa Timur merupakan rumah yang nyaman bagi semua etnis dan agama.

Ia juga mengatakan, siapa saja mempunyai hak yang sama di Jatim, tak terkecuali masyarakat Banjar. Kemajuan ekonomi di Jawa Timur, kata dia tidak luput dari peran dan kontribusi masyarakat Banjar.

“Sungguh beruntung masyarakat Banjar mempunyai Presiden KBB seperti Paman Birin, beliau adalah Gubernur panutan, Gubernur senior di Indonesia yang banyak prestasi dan terkenal dekat dengan rakyatnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum KBB Jawa Timur, H Noor Alamsyah mengucapkan terimakasih atas kehadiran serta dukungan Paman Birin terhadap KBB Jawa Timur selama ini.

“Terus melestarikan budaya Banjar serta menjaga kerukunan antar sesama perantauan merupakan dukungan yang selalu beliau berikan kepada KBB Jatim,” ujarnya.

Ia menambahkan, KBB Jatim mempunyai program yaitu ibadah qurban, fitrah dan lain-lain. Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin membawakan oleh-oleh dari Kalsel kepada masyarakat yang hadir pada acara Halalbihalal tersebut berupa kue bingka serta menyumbang 4 ekor sapi untuk KBB Jatim pada saat hari raya Idul Adha nanti.

Halalbihalal KBB Jatim ini selain dihadiri Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, tampak hadir juga mantan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, Walikota Banjarmasin, Wakil Bupati HST, Guru Sufian Al Banjari, Sekjen KBB Sadunia Taufik Arbain, Ketua Umum dan Kordinator Kerukunanan Bebuhan Banjar (KBB) sepulau Jawa, sejumlah kepala SKPD lingkup Provinsi Kalsel, para alim ulama serta tokoh masyarakat. (rizqon)

Editor: Abadi