Olahraga

Resmi Jadi Asisten Pelatih, Isnan Ali dan Sofyan Murhan Akan Bagi Pengalaman Jadi Bek Handal

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Manajemen PS Barito Putera, kembali menandatangani kontrak untuk posisi tim pelatih, guna mengarungi kompetisi Liga 1 2021 Juli mendatang.

Komposisi tim pelatih baru yang di isi yakni posisi Asisten Pelatih, dimana dua eks punggawa PS Barito Putera era tahun 2000’n yaitu Isnan Ali dan Sofyan Murhan menandatangani kontrak untuk menjadi asisten pelatih mendampingi, Djajang Nurjaman, bersama Yunan Helmi.

CEO PS Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman menyampaikan bahwa kemarin PS Barito Putera menandatangani kontrak berdurasi satu musim untuk Isnan Ali dan Sofyan Murhan.

“Kita menandatangani kontrak satu musim dulu untuk membantu tim senior. Tetapi nanti apabila Elite Pro Academy (EPA) sudah mulai bergulir lagi nanti masing-masing akan menangani EPA PS Barito Putera U-16, U-18, U-20 bersama Coach Andi Abunawas,” ujar Hasnur, Rabu (26/5/2021) malam.

Alasan menjadikan Isnan Ali dan Sofya Murhan sebagai Asisten pelatih PS Barito Putera yakni karena manajemen sudah sangat mengenal kedua pelatih tersebut. Dimana keduanya tersebut juga pernah membela PS Barito Putera di tahun 2000’n dulu.

“Isnan dulu juga adalah salah satu pemain kita, pengalamannya di persepakbolaan Indonesia sudah tidak diragukan lagi, terlebih Isnan dulunya juga merupakan pemain Timnas Indonesia,” tuturnya.

Kedua eks punggawa PS Barito Putera tersebut, nantinya diharapkan bisa memberikan pengalamannya semasa bermain khususnya di posisi yang pernah di isi oleh Isnan Ali dan Sofyan Murhan dulu saat bermain.

“Kita juga mengetahui salah satu titik yang ingin kita tingkatkan adalah di sektor bek kiri dan kanan. Mudah-mudahan skill, kemampuan juga ilmu kepelatihan dan pengalamannya bisa disampaikan ke adik-adiknya yang junior sehingga bisa mencetak pemain di posisi yang pernah mereka isi yakni bek kiri dan kanan,” jelas Putra ke empat pasangan pendiri PS Barito Putera, Almarhum H Abdussamad Sulaiman HB dan Almarhumau Hj Nurhayati.

Baca Juga : Pererat Silaturahmi, Bang Hasnur Bersama Manajemen dan Tim Pelatih PS Barito Putera Bermain Mini Soccer

Sementera itu, usai menandatangani kontrak berdurasi satu musim tersebut Isnan Ali mengaku sangat senang, karena bisa kembali membantu PS Barito Putera. Terlebih menurutnya ia bisa belajar dengan para pelatih yang memiliki lecensi kepelatihan Pro.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pak Hasnuryadi yang sudah mengajak saya bergabung bersama PS Barito Putera. Ini merupakan tanggung jawab yang luar biasa bagi saya bisa terlibat di staf ke pelatihan,” ucapnya.

“Ini juga merupakan harapan bagi saya sebagai pelatih, bermimpi bisa kembali di PS Barito Putera bersama coach Sofyan yang juga sudah lama di Barito Putera. Tantangan saya bisa belajar bersama pelatih-pelatih yang sudah memiliki lecensi pro,” harapnya.

Saat ini PS Barito Putera memiliki kelemahan di sektor bek kiri dan kanan. Dimana dulu sewaktu masih aktif menjadi pemain bola profesional, Isnan Ali berposisi sebagai bek kiri dan Sofyan Murhan sebagai bek kanan.

Tentunya dengan ditandatangani kontrak berdurasi satu musim tersebut sebagai asisten pelatih, Isnan Ali dan Sofyan Murhan bisa membantu menutupi kelemahan di lini tersebut.

“Pertama mungkin saya akan berdiskusi terlebih dahulu bersama Coach yang lain untuk bekerja sama dalam tim,” imbuhnya.

“Tetapi berbeda era berbeda juga skema permainannya. Dimana karakter permainan kami dahulu dibentuk dengan formasi 3-5-2. Dimana kita harus dan wajib bisa kuat bertahan dan kuat dalam membantu penyerangan. Mungkin ini ilmu yang bisa saya transfer kepada adik-adik nantinya,” jelasnya.

Dengan komposisi pemain bertahan khususnya di lini bek kiri dan kanan PS Barito Putera saat ini, menurutnya tidak serta merta bisa sesuai dengan ekspektasi.

“Kita tidak semudah itu untuk mampu atau tidak. Tapi kita lihat saja nanti, karena karakter setiap orang berbeda-beda, tapi kita akan berusaha memberikan ilmu kepada adik-adik di Barito khususnya di posisi bek kiri dan kanan,” pungkasnya. (fachrul)

Editor : Akhmad

To Top