Jumat, Januari 21, 2022

Petani Sawit Desa Kolam Kanan Kecewa Kesepakatan Kerjasama Bumdes dengan PT ABS

MARABAHAN, klikkalsel.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Kolam Kanan Kecamatan Wanaraya, Kabupaten Barito Kuala (Batola) melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Adil Sejahtera jalin kerjasama dengan PT. Agri Bumi Sentosa (ABS)

Kesepakatan kerjasama operasional itu bertempat di Aula kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Batola, Kamis pagi (13/1/2022).

Namun hal itu justru membuat, kelompok tani sawit Desa Kolam Kanan merasa kecewa.

Ketua Gapoktan Tani Mulyo Desa Kolam Kanan, At Sumar mengatakan, petani merasa kecewa dan sangat menyayangkan adanya perjanjian kerjasama oleh Kades Kolam Kanan itu.

“Yangmana selama ini percayakan dengan kades sebagai komando kami dan mengambil keputusan menjalin keputusan kerjsama dengak pihak perusahaan. Namun dengan mengatasnamakan petani melalui Bumdes, secara satu pihak tanpa kordinasi terlebih dahulu dengan petani,” katanya saat ditemui di kediamannya, Jumat (14/1/2022).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Kolam Kanan, Endang Sudrajat menyebut, kerjasama operasional dengan melalui Bumdes Adil Sejahtera dengan PT. ABS merupakan investasi yang menguntung untuk semuanya.

“Jika hanya mengadalkan dana desa tidak akan jadi apa-apa, jika tanpa adanya investasi, dan selama ini sudah jelas ada investasi dari PT.ABS dan kenapa kita harus tutup mata,” katanya.

Baca Juga : Travel di Kalsel Belum Ada Yang Terbangkan Jemaah Umroh Meski Kemenag Beri Lampu Hijau

Baca Juga : Pembunuhan Terjadi di Kawasan Dok-dokan Kapal Ir PHM Noor

Endang juga mengungkap, perjanjian ini diniatkan untuk keuntungan bersama. “Baik itu masyarakat petani Kolam Kanan, Batola, juga pihak perusahaan yang investasi,” katanya.

Ia juga mewanti-wanti, kalau terjadi pergerakan-pergerakan di luar Bumdes, tidak ikut-ikutan dan tidak akan mengizinkan hal tersebut terjadi.

Sementara itu, Haris Prasetyo Area Manager Legal PT ABS mengatakan, meskipun sejumlah poin pekerjaan dilakukan Bumdes, KUD Jaya Utama selaku partner PT ABS, tetap menjalankan tugas sesuai fungsi.

“KUD Jaya Utama akan tetap melakukan pekerjaan. Seperti laporan keuangan, hubungan perbankan dan lainnya,” ucapnya.

Baca selengkapnya kunjungi halaman selanjutnya : 

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
28,880PengikutMengikuti
630PelangganBerlangganan