HST

Pertanian Gapoktan Setia Kawan Diharap menjadi Lumbung Pangan Daerah

BARABAI, klikkalsel.com – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Setia Kawan Desa Dangu Kecamatan Batang Alai Utara (Batara) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) gelar syukuran panen raya kacang tanah.

Bertempat di area perkebunan yang terletak lebih kurang 300 meter dari perkampungan Desa Dangu, pada Rabu (14/10/2020)

Dalam kesempatan tersebut Erwin Jecky Silalahi yang merupakan Anggota Komisi 3 DPRD HST yang berasal dari daerah pemilihan setempat mengapresiasi, kepada kelompok tani Setia Kawan atas keberhasilannya dalam berkebun kacang tanah sehingga mendapatkan hasil yang melimpah.

“Dengan keberhasilan ini sesuai dengan visi dan misi Kabupaten kita, yang mengutamakan mengutamakan sektor perkebunan dan pertanian ketimbang mengambil sumber daya alam,” tuturnya kepada klikkalsel.com

Lebih lanjut, ia berharap Dinas Pertanian HST dapat memastikan kestabilan harga buat petani, sehingga hasil dari sektor pertanian tersebut akan menjadi primadona di bagi masyarakat kabupaten ini, sebagai ladang usaha mencari nafkah.

“Saya berharap dengan keberhasilan ini akan menjadi lumbung pangan minimal untuk Daerah kita sendiri, tentunya masyarakat kita akan sejahtera dengan menggeluti sektor pertanian,” katanya.

Sementara itu H Misradi Kepala Dinas Pertanian HST menyampaikan, pihaknya bersyukur atas hasil panen Gapoktan Setia Kawan yang melimpah.

Baca Juga : Ironis ! Jembatan Rusak Parah, Kades : Tinggal Menunggu Waktu Ambruknya saja

Bagi dia, ini merupakan hasil usaha mereka dengan turut dibina oleh Dinas Pertanian dalam upaya menjadikan sektor pertanian di HST sebagai unggulan penyandang pangan daerah.

“Ini merupakan salah satu wujud pembinaan kami, baik dalam menyediakan sarana dan prasarana serta pertemuan yang intens untuk mendiskusikan bagaimana sektor pertanian tersebut dapat menggeliat di HST secara umum dan untuk Gapoktan Setia Kawan secara khusus,” sebutnya.

Suasana sukuran yang di gelar di area perkebunan usai panen (foto: Wawan/Klikkalsel)

Untuk diketahui dalam Pergelaran syukuran tersebut Bupati HST turut menyampaikan apresiasi yang begitu besar atas keberhasilan Gapoktan yang ada di Desa Dangu Kecamatan Batara Kabupaten Hulu Sungai Tengah tersebut, melalui H M Saleh staf ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

Mengingat sektor pertanian adalah salah satu ujung tombak mata pencaharian masyarakat Hulu Sungai Tengah, tak heran jika Pemerintah Daerah setempat begitu mendukung dan mengapresiasi setiap pergerakan para petani di wilayahnya. (wawan)

Editor : Akhmad

To Top