Kalsel  

Menyedihkan, Rutan Marabahan Terendam Saat Hujan

RUSAK - Kondisi Rutan Kelas IIB Marabahan rusak berat diusulkan renovasi. (elo syarif/klikkalsel)
BANJARMASIN, klikkalsel - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Marabahan di Jalan Putri Junjung Buih, Kelurahan Ulu Benteng, Kecamatan Marabahan, Kabupaten Batola ini kondisinya begitu menyedihkan. Betapa tidak, bangunan lama tersebut banyak bagian yang rusak, sebab terendam saat hujan mengguyur.

Kondisi rutan tersebut diketahui, saat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalsel melalui Sub Bagian Penyusunan Program, meninjau kondisi sarana dan prasarana gedung kantor serta blok hunian Rutan Kelas IIB Marabahan, Rabu (22/11) siang .
RUSAK – Kondisi Rutan Kelas IIB Marabahan rusak berat diusulkan renovasi. (elo syarif/klikkalsel)

Oleh karena itu, ada keinginan merenovasi rutan tersebut 2018 mendatang.  Saat ini, tim mengumpulkan data dukung serta dokumentasi kondisi terkini kondisi rutan. Peninjauan lokasi dipimpin langsung Kepala Bagian Program dan Pelaporan, Andi Basmal bersama Kepala Bagian Umum, Rakhmat Renaldy serta Kepala Sub Bagian Penyusunan Program, Lily Mufidah.

“Rutan Marabahan sudah kami usulkan renovasi. Hal ini sudah disampaikan secara lisan. Harapan bisa mendapatkan anggaran serta menjadi prioritas diantara prioritas lainnya. Sebab kondisi bagunan kantor dan blok hunian memperihatikan karena bagunannya sudah lama,” papar Andi.
Ia mengemukakan, bila musim hujan bangunan rutan terendam air, karena atap ada yang bocor. Akibatnya banyak bagian yang rusak,  dan sel tahanan rusak dan bagian pintu sel banyak yang karatan.
Kepala Rutan Marabahan, M Muhidin menyambut baik kedatangan tim. Ia bahkan mendukung keinginan renovasi itu. “Kondisi saat ini kami coba lakukan pemeliharaan dengan mencat tembok dan teralis. Namun ada beberapa bagian yang harus diganti tentunya ini memerlukan anggaran yang besar,” ungkapnya.
Sementara itu Kepala Bagian Umum Rutan Marabahan, Rakhmat Renaldy juga berharap tahun depan sudah ada perbaikan. Sebab jika dibiarkan, kondisi rutan akan tambah parah.(elo syarif)
Editor : Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.