Banjarmasin

KPPS TPS 07 Sambangi Pemilih Suara Berusia Hampir 100 Tahun

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Tepat pukul 12.00 WITA beberapa orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Salah satunya di TPS 07, Rt 9 Kelayan Barat yang berada di kawasan Jalan Kelayan B, Banjarmasin Barat, bergegas mendatangi empat warga yang tidak bisa mencoblos di TPS karena sakit dan lansia.

Ditemani saksi, petugas Panwaslu serta ketua Rt setempat, mereka menyusuri gang gang sempit menuju rumah peserta pemungutan suara.

Rumah pertama yang didatangi ada seorang lelaki yang Bernama H Amri (75) terbaring lemah dan hanya bisa duduk ditempat tidurnya.

Setelah petugas meminta ijin dan memberi tahu keluarga mengenai hak sebagai warga Banjarmasin Selatan yang mengikuti Pemilihan Gubernur, pilkada 2021.

Usai mendapatkan penjelasan, didata dan administrasi selesai petugas KPPS menyerahkan surat suara. Kemudian lanjut kepada pemilih berikutnya yakni Fatmah (95). Wanita Lansia tersebut tak bisa melihat dengan jelas sehingga tak bisa berjalan keluar rumahnya.

Baca Juga : Bawaslu RI Monitor Langsung PSU Pilgub Kalsel Belum Terima Laporan dan Temuan ‘Serangan Fajar’

Baca Juga : Sarung Jadi Bilik Suara Darurat, Petugas KPPS Jemput Bola Datangi Rumah Warga yang Kesulitan ke TPS

Petugas KPPS Abdul Khadir mengatakan, sebagai petugas yang diberikan tanggung jawab, kita mendatangi mereka yang memiliki hak suara dalam memilih.

“Dalam menentukan hak suara nanti mereka (lansia maupun yang sakit terbaring) hanya boleh ditemani keluarganya. Sementara petugas tidak boleh mendampinginya,” katanya Selasa (9/6/2021).

Sementara Ketua Rt 9 M Rivani Abdi mengatakan, memang benar ada beberapa lansia dan yang tidak bisa menuju TPS yang ditempatkan karena kondisi yang tidak memungkinkan.

“Beberapa warga kita mengalami sakit sehingga petugas menyambangi mereka untuk menyalurkan hak suara mereka,” pungkasnya. (azka)

Editor : Akhmad

To Top