Ketua DPRD Kalsel Ingatkan Soal Kebersihan Bandara Syamsudin Noor

Bandara Syamsudin Noor. (foto: instagram syamsudinnoorairport).
BANJARMASIN, klikkalsel – Bandara baru Syamsuddin Noor yang kini resmi berstatus Internasional menjadi ikon Kalimantan Selatan (Kalsel). Soal kebersihannya, menjadi sorotan wakil rakyat.
Dewan Kalsel meminta kebersihan benar-benar diperhatikan. Sebab, kesan pertama orang luar daerah maupun dari luar negeri yang datang ke Kalsel akan menilai tempat awal kedatangannya yaitu bandara.
Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK mengharapkan, agar pelayanan dan kebersihan Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin tetap terjaga.
Baca Juga : Bandara Syamsuddin Noor Resmi Berstatus Internasional, Dewan Minta Layanan Umroh dan Haji Lebih Prima
Bandara Internasional tidak hanya melayani penumpang domestik, melainkan dari berbagai negeri atau mancanegara.
“Pelayanan dan kebersihan itu penting agar tidak menimbulkan kesan negatif yang bisa tersebar kemana-mana,” ujarnya usai peresmian terminal Bandara Internasional Syamsuddin Noor, Rabu (18/12/2019) Banjarmasin.
Kendati demikian, politisi Partai Golkar yang bergelar magister hukum serta mendapat gelar doktor kehormatan tersebut berharap pula, jika memungkinkan tingkatkan pelayanan bandara yang sudah berstatus internasional sesuai dengan status yang disandang.
Mengenai kebersihan Bandara, menurut dia, hal itu bukan semata-mata tugas pengelola untuk menjaga serta meningkatkan. Melainkan juga tanggung jawab bersama, terutama para calon penumpang pesawat udara.
Selain itu, Supian HK mengajak seluruh warga masyarakat, terutama para pengantar keluarga yang mau berangkat menggunakan jasa angkutan udara serta penjemput. Supaya mereka yang datang harus bersama-sama menjaga kebersihan bandara.
Jika kebersihan terjaga para wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan betah, sehingga berdampak positif bagi perekonomian.
“Dengan semakin bergerak, tumbuh dan berkembangnya perekonomian daerah, kita juga berharap kesejahteraan masyarakat setempat meningkat,” pungkas Supian HK.
Hal ini juga diingatkan mantan Ketua DPRD Kalsel periode 2009-2014, Kolonel Infanteri (Purn) Nasib Alamsyah, yang sependapat dengan Supian HK.
Baca Juga : Sopir Ditemukan Tewas Gantung Diri
Namun mantan Komandan Korem Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) itu menyayangkan, kalau sampai pelayanan bandara kurang baik, karena bisa menimbulkan citra buruk yang bukan saja bagi masyarakat Kalsel sendiri, tetapi menyebar lebih luas lagi. Begitu pula, jika keadaan bandara jorok atau kebersihan yang tidak terjaga dengan baik, bisa menimbulkan kesan negatif bagi publik.
“Kita berharap sebagai bandara internasional, Bandara Syamsudin Noor yang berkedudukan di wilayah Kota Banjarbaru atau sekitar 27 kilometer utara Banjarmasin semakin maju dan berkembang,” cetus alumnus Akademi Militer Nasional (AMN) 1973 atau seangkatan Susilo Bambang Yudhoyono ini. (rizqon)
Editor : Akhmad