HSU

Jaga Kondusifitas, Bhabinkamtibmas Mediasi Pertikaian Warga

Bhabinkamtibmas Polsek Amuntai Kota Lakukan Upaya Mediasi Pertikaian Warga (foto : humres hsu)
AMUNTAI, klikkalsel.com – Langkah cepat dilakukan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Amuntai Kota, Polres Hulu Sungai Utara (HSU) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) Aipda Rofik, untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.
Berawal dari kegiatan kunjungan door to door system (DDS), Bhabinkamtibmas Polsek Amuntai Kota mendengar ada salah paham hingga berujung perkelahian antara warga Desa Pakapuran dengan warga Danau Teratai.
Mendapat informasi tersebut, Bhabinkamtibmas pun melaporkan kepada Kapolsek Amuntai Kota, Ipda Syaifulah, dan langsung melakukan penyelidikan dan dengan proaktif ditindaklanjuti oleh aparat desa dan keluarga masing-masing.
Mediasi ini membuahkan hasil dan diadakan musyawarah secara kekeluargaan dengan pendekatan restorative justice atas dasar kemauan keluarga dan kedua belah pihak.

Terduga AH dan korban MA disaksikan masing-masing Aparat Desa yaitu Kepala Desa Pakapuran A. Yani dan Sekdes Danau Teratai Hanafi, menyepakati kesalahpahaman tersebut diselesaikan secara kekeluargaan dan tidak dilanjutkan proses hukum pidana.

Terkait dengan hal itu, Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto S.IK, MH melalui Kapolsek Amuntai Kota Ipda Syaifullah, menerangkan DDS ini merupakan program Kapolda Kalsel, Irjen Pol Nico Afinta, S.IK, SH, MH mengenai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).
DDS dilaksanakan oleh Polres dan Polsek di wilayah hukum Polda Kalsel, agar anggota Polri hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengetahui permasalahan warga, sehingga secara bersama sama bisa mencari jalan ke luarnya.
“Jika ditemukan masalah segera diselesaikan. Jangan sampai ditunda tunda dan berpotensi meluas ke permasalahan lain yang lebih sulit,” tegasnya.
Ia berharap, melalui DDS ini bisa menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat, dengan tujuan agar warga turut serta menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif. (doni)
Editor : Akhmad

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top