Destinasi

IATTA Kalsel Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan dengan Mengoptimalkan Bentang Alam Meratus

IATTA Kalsel Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan dengan Mengoptimalkan Bentang Alam Meratus

BARABAI, klikkalsel.com – Indonesia Adventure Travel and Trade Association (IATTA) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Kalimantan Selatan (Kalsel), melaksanakan kegiatan eksplorasi potensi wisata petualangan di Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) pada hari Jumat (4/6/2021) hingga Minggu (6/6/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka eksplorasi, observasi, serta memetakan segala potensi wisata petualangan guna mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan mengoptimalkan bentang alam Meratus.

“Hari ini kami telah memberangkatkan Tim Caving sebanyak 5 orang, untuk mengobservasi, dan mengeksplorasi, serta memetakan potensi Goa Batu Sawar yang ada di Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur, HST,” ucap Bandi Khairullah Ketua DPW IATTA Kalsel.

Ia menambahkan, sebenarnya mengeksplore ini dalam waktu yang cukup panjang, karena nantinya banyak potensi yang akan kita coba kembangkan, baik itu goa, tebing, sungai dan sebagainya yang tidak hanya di HST saja, melainkan juga seluruh potensi wisata yang ada di Kalsel.

Baca Juga : Persiapkan Bibit-bibit Atlit, FAJI dan IATTA Kalsel Berkolaborasi Gelar Sarasehan dan Latihan Bersama di Nateh

Maka dari itu, harapannya IATTA Kalsel bisa bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Tengah agar dapat memberikan dukungan terhadap segala potensi wisata yang kita coba angkat.

“Semoga para pengambil kebijakan dan stakeholder yang terkait bisa mengembangkan dan menumbuhkan potensi-potensi wisata petualangan ini menjadikan sebuah objek yang bisa menghasilkan untuk menggerakkan roda perekonomian yang kita tahu bersama, kita mengalami pandemi Covid-19 ini agar kembali bergerak roda ekonomi tersebut dari desa ke kota,” tuturnya.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kalsel dan dilakukan sarasehan dengan pemuda yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Nateh sabtu malam.

“FAJI dan IATTA Kalsel akan mencoba menjembatani antara masyarakat dalam hal ini diwakilkan Pokdarwis dan pemangku kebijakan agar tercapai tujuan bersama kita,” ungkap ketua harian FAJI HST Agus.

Pada kesempatan itu turut pula disampaikan agar tetap menjalankan protokol Covid-19 dalam berwisata, dengan kesadaran yg tinggi melakukan Clean, Healt, Safety, Enveroment (CHSE) dalam berwisata agar bisa berdamai dipasca pandemi.(dayat)

Editor : Amran

To Top