Banjarmasin

Handphone Petugas Pelipatan Suara Calon Gubernur – Wakil Gubernur Kalsel Disita Demi Keamanan

KPU Kota Banjarmasin

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin sudah melakukan pelipatan surat suara untuk calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, untuk wilayah Kota Banjarmasin mulai. Pelipatan surat suara tersebut dilakukan di Gedung Wanita, di Jalan H Hasan Basry.

Pelipatan yang dimulai, Jumat (20/11/2020) ini melibatkan sebanyak 50 orang petugas. Yang mana 50 orang ini dibagi menjadi dua shift, yakni shift siang dan malam.

Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah mengatakan, dalam pelipatan yang dibagi menjadi dua shift ini masih akan melakukan koordinasi lagi dengan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin. Terkait izin boleh atau tidaknya melakukan kerja pelipatan hingga malam hari.

“Kami akan berkoordinasi terlebih dahulu ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, apakah boleh melakukan pelipatan siang dan malam ini,” ucapnya.

Rahmi juga mengatakan bahwa jumlah surat suara yang dilipat, ada sebanyak lebih dari 461.000 lembar. Jumlah tersebut merupakan jumlah total pemilih di Banjarmasin ditambah 2,5 persen.

Selain itu, KPU kota Banjarmasin juga tidak memberikan target untuk pelipatan surat suara di Banjarmasin, yang mana diketahui total pemilih di Banjarmasin terdapat sebanyak 448.157 Daftar pemilih tetap, ditambah dengan 2,5 persen menjadi sekitar 461.000 lembar surat suara.

Surat suara itu pun apabila dikalkulasikan dengan surat suara Pilakda Walikota Banjarmasin maka, total jumlah surat suara mencapai 922.000 lembar yang akan di lipat oleh 50 petugas pelipat surat suara dalam jangka waktu kurang dari 20 hari sebelum hari pencoblosan.

Dalam proses pelipatan, menurut Rahmi para petugas tidak diperkenankan untuk memegang gawai atau smartphonenya. Hal ini dikarenakan proses pelipatan harus dilakukan secara benar-benar tertutup agar tidak bocor hingga keluar.

“Ia handphone mereka di kumpulkan ke petugas pengawas, ini kita lakukan agar menghindari adanya petugas pelipat yang memfoto surat suara, yang takutnya bisa di manfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab,” tuturnya.

Baca juga : Logistik Mulai Berdatangan, Gudang Logistik KPU Dijaga Ketat

“Kalau dari siang sampai malam, saya bisa menghabiskan sepuluh dus,” ucapnya.

Sementara itu, komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin. Rahmadiansyah, mengungkapkan, dalam hal pengawasan setiap harinya bakal menugaskan dua orang pengawas. Kemudian, ia juga mengatakan bakal mengerahkan pengawas dari Kecamatan.

Baca juga : Surat Suara Tiba, KPU HSU Akan Segera Melamukan Sortir

Kemudian setelah melakukan pelipatan surat suara calon Gubernur dan Wakil Gubernur, bakal kembali dilanjutkan dengan pelipatan surat suara calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin.(fachrul)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top