HSU

Surat Suara Tiba, KPU HSU Akan Segera Melamukan Sortir

Surat Suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan tahun 2020

AMUNTAI, klikkalsel.com – Pengiriman logistik berupa surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2020, telah tiba di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada Rabu malam, (18/11/2020) sekitar pukul 22.31 Wita.

“Jumlah surat suara yang kami terima tersebut sebanyak 83 box, dalam 1 box @ 2.000 lembar dengan total 165.792 lembar dan dalam kondisi baik,” terang Ketua KPU Kabupaten HSU Rina Mei Saputri, kepada klikkalsel.com Kamis (19/11/2020).

Rina menambahkan, pengiriman surat suara tersebut awalnya terlebih dahulu diberangkatkan dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, kemudian diangkut menggunakan truk dengan pengawalan ketat pihak Polda Kalsel dan Polres HSU serta dari KPU Provinsi Kalsel.

“Untuk proses pengiriman, rutenya kemarin itu dari Banjar, Tapin, HSS, HST, Balangan, Tabalong dan terakhir ke HSU,” jelasnya.

Dikatakannya, meski kedatangan logistik surat suara ke Kabupaten HSU baru saja datang, pihaknya akan sesegeranya melakukan pelipatan dan menyortir surat suara tersebut.

“Kami akan melaksanakan penyortiran dan pelipatan surat suara dengan cara Swakelola saja. Berhubung Kabupaten HSU hanya 1 surat suara untuk Pilgub Kalsel, jadi kemungkinan hanya memerlukan 15 sampai 20 orang saja,” ujarnya.

Dalam waktu kurang lebih 19 hari sebelum pemungutan suara, ditambahkannya lagi, proses pelipatan surat suara tersebut ditargetkan paling lama 1 minggu sudah selesai untuk sortir dan melipatnya.

“Surat suara beserta logistik lainnya akan kami distribusikan, minimal 3 hari sebelum pemungutan suara sudah sampai di 75 TPS yang tersebar di 10 Kecamatan,” tukasnya.

Dirinya berharap, agar proses distribusi logistik Pilgub Kalsel ini keseluruh wilayah di Kabupaten HSU ini dapat berjalan lancar, dengan pengawalan petugas Kepolisian, dibawah pengawasan Bawaslu serta para petugas PPS dan PPK Kecamatan masing-masing.

Adapun Data Logistik yang sudah ada di Gudang KPU Kabupaten HSU, yaitu, Kotak Suara 507 buah, APD berupa, Face Shield, 4.583 pcs, Masker Kain 9.476 pcs, masker medis 3 play sebanyak 1.014 box, alat semprot 507 pcs, sarung tangan 8.622 pcs, thermogun 507, tissue 5.628, Hand Sanitizer 114.000 botol. Tinta pencoblosan dan 1.1041 botol dan surat suara 165.792 lembar.(doni)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top