FKPT Dialog Cari Solusi Melawan Dua Virus Mematikan, “Covid-19 dan Terorisme”

FKPT Dialog Cari Solusi Melawan Dua Virus Mematikan,
BANJARMASIN, klikkalsel.com – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) wilayah Tengah dan Timur menggelar dialog online dengan tema “Melawan 2 Virus Mematikan Covid-19 dan Radikalisme”.
Dialog virtual menghadirkan Direktur Pencegahan Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) Pusat, Irjen Pol. IR Hamli M.E, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dab Deradikalisme BNPT, Mayjen TNI Hemdri Paruhuman Lubis dan Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, DR Hj. Andi Intang Dulung, M.H.I dan moderator Suib Prawono dari pengurus FKPT Sulsel.
Kegiatan dialog online yang digelar, Selasa (30/6/2020) hari ini, juga diikuti oleh FKPT wilayah Tengah dan Timur yakni FKPT Kalsel, Kaltim, Kaltara, Bali, Sultra, Sulbar, Sulsel, Maluku Utara, Sulut, Sulteng dan Gorontalo.
Baca Juga : Geger Penemuan Benda Dikira Bom, Polda Kalsel Terus Lakukan Pendalaman
Ketua FKPT Kalsel Aliansyah Mahadi yang mengikuti diskusi bersama pengurus lainnya, mengatakan kegiatan ini selain silaturahmi sesama pengurus FKPT di masa pandemi Covid-19 juga menjadi masukan buat FKPT di daerah.
Apalagi, ujar Didit sapaan Ketua FKPT Kalsel ini, dalam dialog disampaikan Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol Ir Hamli bahwa pemerintah Indonesia tidak tinggal diam menghadapi Covid-19 dalam periode paling krusial, jika tidak diambil langkah-langkah yang cepat dan tepat, ledakan krisis multidimensi akan lebih sulit diatasi.
Ada berbagai upaya pencegahan dan mitigasi dilakukan pemerintah salah satunya adalah arahan untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, sebagai bagian dari social distancing, yang belakangan diganti dengan istilah bagi physical distancing.
Dikatakannya, dengan situasi ini, kelompok radikal ini justru memanfaatkan situasi ketika mayoritas orang diam di rumah serta lebih banyak beraktifitas secara online, dengan meningkatkan propagandanya di dunia maya.
Baca Juga : Sepulang Dari Banjarmasin, Warga Komplek Propernas Tabalong Positif Covid-19
Bahkan tidak berhenti di internet, mereka menyerukan serangan teror mumpung pemerintah sibuk menangani Covid-19. Hal ini pula yang mendasari Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT melalui Direktorat Pencegahan merasa perlu menyampaikan mendiskusikannya dengan FKPT di daerah.
Menurut Didit yang didampingi Sekretaris FKPT, Firmansyah, Kabid Agama Dr H Zulkifli Musaba dan Kabid Media Zainal Helmie, diskusi online ini sebagai upaya mencari masukan dan solusi bagaimana melawan virus ideologoli radikal dan penetrasi kelompok terorisme di masa pandemi ini. (rils)
Editor : Akhmad