Balangan

Disdik Balangan Rencanakan SD Kecil Ambatunin Tambah Asrama dan Jaringan Internet

Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan

PARINGIN, klikkalsel.com – Upaya peningkatan pendidikan di Kabupaten Balangan terus dijalankan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan. Belakangan, tim Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan juga kembali mendatangi wilayah pedalaman di Balangan.

Mereka melakukan monitoring pada Dusun Ambatunin, Desa Uren, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalsel. Dimana sebelumnya telah dilakukan pembangunan sekolah pada dusun di wilayah pegunungan Meratus tersebut.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Abdul Basid menyampaikan, pihaknya sudah melakukan pemantauan minggu kemarin.

Kedatangan tim Disdik Balangan, lanjut Basid, ke Ambatunin tentu harus melewati jalanan berjam-jam. Terlebih jalur yang dilintasi yakni kawasan hutan dan pegunungan. Tak sedikit pula sisi jalannya yang merupakan jurang.

Monitoring ke Ambatunin diperlukan kemampuan skill berkendara yang mumpuni. Ini adalah alternatif transportasi dibanding jalan kaki yang bisa mencapai enam jam perjalanan dari pusat desa.

Ia menjelaskan, kini sudah ada ruang kelas dan guru yang tersedia di Ambatunin. Sementara untuk jumlah siswa mencapai 20 orang. Mereka adalah anak-anak dari Dusun Ambatunin pada beberapa pemukiman. Bahkan ada pula yang jauh dari sekolah tersebut.

“Ke depan, kami juga akan membuat bangunan penunjang, yaitu asrama siswa. Sehingga mereka yang jauh bisa menginap,” ucap Basid.

Jalur ke Ambatunin yang dianggap cukup ekstrim dan jarak jauh dari pemukiman kelompok yang lain, membuat dibutuhkan adanya asrama. Sehingga mempermudah para siswa yang terkendala jarak.

Di tengah pandemi Covid 19 saat ini sekolah tetap operational. Siswa pun belajar sebagaimana biasanya. Mereka juga telah mengenakan seragam SD.

Di SD Kecil Ambatunin, telah diisi oleh dua orang guru dan satu kepala sekolah. Di tambah pula tenaga penjaga sekolah tersebut.

Tak habis disitu, kegiatan pembangunan untuk SD Kecil Ambatunin terus dilaksanakan. Bahkan ada rencana pemasangan jaringan internet dan solar cell untuk tenaga listrik.

“Kami juga menyerahkan bantuan buku belajar dan laptop untuk laporan sekolah dan mudahan dalam tempo dekat sudah bisa dipasang solar cell dan internet,” ucap Basid.

Rencananya pada 2021 nanti, bangunan ruang kelas akan kembali ditambahkan. Hal itu mengikuti jumlah siswa yang akan bersekolah di SD Kecil Ambatunin. (adv/fitri)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top