Desa Simpang Empat Amuntai Selatan Bentuk Posko Terpadu Covid-19

Posko Terpadu Covid-19 Desa Simpang 4 Kec. Amuntai Selatan (foto : istimewa)
AMUNTAI, klikkalsel.com – Desa Simpang Empat Kecamatan Amuntai Selatan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) Percontohan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), serius dalam menangani pencegahan penyebaran Covid-19.
Setelah melakukan penyemprotan disinfektan di desa, membagikan masker, tempat cuci tangan ke setiap rumah warga, kini Pemerintah Desa mendirikan satu Posko Terpadu tingkat Desa.
Pembentukan posko terpadu ini untuk menekan penyebaran virus Corona (Covid-19) dan berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara Pemerintah Desa, BPD, Relawan Desa lawan Covid-19, Tenaga Kesehatan Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas.
Baca Juga : Emosi Dibilang Tak Menafkahi, Suami Pukuli Istri Siri
“Keberadaan posko terpadu ini diharapkan dapat memberikan contoh kepada Desa-desa lain serta membantu tugas Tenaga Kesehatan Puskesmas dalam menangani Covid-19 di Kecamatan Amuntai Selatan,” ujar Camat Amuntai Selatan Jumaidi.
Sementara itu, Kepala Desa Simpang Empat, Rahmadhani mengatakan, posko ini untuk masyarakat desa Simpang Empat maupun desa lain yang ingin melakukan pengecekan kesehatan.
“Masyarakat bisa mendapatkan pelayanan cek suhu tubuh, tensi darah, ukur berat badan, serta menyampaikan keluhan kesehatan lainnya,” katanya.
Sedangkan Sekretaris Desa Simpang Empat Aulia Rahman menambahkan, selain itu kepada warganya yang baru datang atau bepergian keluar daerah, bisa mendatangi posko untuk memberikan keterangan riwayat perjalanan.
“Warga akan mendapat layanan sesuai protokol kesehatan, untuk karantina selama 14 hari di rumah,” tukasnya.(doni)
Editor : Amran