Bersinergi dan Saling Mendukung Tujuan Utama untuk Membawa Kemajuan Pendidikan

Acara Pisah Sambut Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Bersubsidi Teluk Betung dan SDN Bersubsidi Pandulangan Kecamatan Sungai Pandan (istimewa)
Acara Pisah Sambut Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Bersubsidi Teluk Betung dan SDN Bersubsidi Pandulangan Kecamatan Sungai Pandan (istimewa)

AMUNTAI, klikkalsel.com – Pisah Sambut Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Bersubsidi Teluk Betung dan SDN Bersubsidi Pandulangan Kecamatan Sungai Pandan (Alabio) diharapkan bisa membawa semangat baru.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Alabio 1 Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Mustakim berharap, demi kemajuan lembaga pendidikan hendaklah ada arus perubahan.

Menurut Mustakim, dalam acara Pisah Sambut Kepala Sekolah SD Muhammadiyah yang dihadiri Bupati Hulu Sungai Utara, H Abdul Wahid HK juga diisi dengan dialog terbuka, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, bersama Kepala Sekolah, Dewan Guru, juga dihadiri Ketua PCM Alabio 1 Ahyar, Ketua PDM Kabupaten HSU H Abdul Kadir, serta para tokoh Muhammadiyah dan warga Muhammadiyah pemerhati pendidikan.

Lebih lanjut Mustakim juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas saran dan masukan yang diberikan dalam dialog tersebut. Menurutnya, saran dan masukan yang diberikan nantinya akan dipertimbangkan dan ditindaklanjuti menjadi program yang akan dilaksanakan kedepannya.

“Sehingga sekolah ini benar-benar mampu melahirkan out put (lulusan) yang berkarakter, cerdas, dan berdaya saing, serta diharapkan mampu menjadi kader umat di masa yang akan datang,” katanya.

Ia juga berharap dukungan dari para pimpinan Muhammadiyah Kabupaten HSU, para tokoh dan juga warga Muhammadiyah, serta para Dewan Guru, agar bisa bersama-sama memberikan dukungan bagi kemajuan lembaga pendidikan Muhammadiyah, khususnya bagi SDN Bersubsidi Pandulangan dan Teluk Betung.

“Mari kita bersama-sama kita bersinergi dan memberikan dukungan lembaga pendidikan ini, demi terciptanya sekolah dan lulusan yang kita harapkan bersama,” ajaknya.

Disamping itu, dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah yang lama atas jasa-jasa dan pengabdiannya terhadap sekolah ini, sembari mengucapkan selamat bertugas kepada Kepala Sekolah yang baru saja dilantik, dibarengi harapan dapat membawa semangat baru dan mampu melakukan perubahan.

Terpisah hal serupa juga diungkapkan salah satu pengurus Majelis Dikdasmen Cabang Alabio Abdul Rohim mengemukakan, bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menggali dan menyerap aspirasi, ide, dan gagasan dari peserta yang hadir guna kemajuan dan mewujudkan pendidikan Muhammadiyah yang berkarakter, unggul, dan ramah bagi warga serta dalam rangka menghadapi tahun ajaran baru 2020/2021.

Seiring dengan itu, Ia juga memberikan apresiasi bagi dua lembaga pendidikan tersebut, pasalnya menurutnya dua lembaga pendidikan dasar ini, telah banyak melakukan perubahan dan perbaikan seiring dengan perubahan sosial dan orientasi/tuntutan masyarakat terhadap pendidikan.

“Tidak hanya sarana dan prasarana pendidikan, namun juga terkait dengan peningkatan mutu pendidikan, yang didukung dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler seperti Tahfidzul Qur’an, Muhadloroh, Hizbul Wathan, Tapak Suci, Marching Band, dan Kemuhammadiyahan,” jelasnya.

Sementara dalam dialog ini, ia menyebut banyak saran dan masukan yang disampaikan oleh peserta dialog yang menjelaskan bahwa kunci dari kesuksesan dalam memajukan pendidikan Muhammadiyah di antaranya adalah kebersamaan.

Selain itu sinergitas dan harmonisasi dari tiga elemen penting yaitu Majelis Dikdasmen sebagai perpanjangan tangan persyarikatan muhammadiyah dalam membina dan mengawasi sekolah, Kepsek dan dewan guru sebagai pengelola sekolah, dan masyarakat (warga muhamamdiyah).

“Karenanya peserta dialog minta agar tiga elemen penting ini bisa selalu menjalin kebersamaan, kekompakan, koordinasi, dan komunikasi serta kolaborasi demi kemajuan pendidikan di muhammadiyah,” tukasnya.

Adapun dalam kegiatan pisah sambut ini dilaksanakan sehubungan dengan adanya mutasi Kepsek SDN Bersubsidi Teluk Betung H. Syarifuddin, yang digantikan oleh Murliyadie, dan Ibu Siti Nurhayati yang dilantik menjadi Kepsek SDN Bersubsidi Pandulangan menggantikan menggantikan Pjs. Miftahurrahman.(doni)

Editor : Amran