Berkah Tanam Lima Ribu Pohon, Hantarkan Petani Gaharu ke Istana Negara

Tampak M Saleh, petani Gaharu asal Kotabaru yang berkesempatan diundang Presiden RI tahun 2010. (Foto : duki/klikkalsel).

KOTABARU, kliikkalsel- Berkat kegigihan dan keuletannya menanam ribuan pohon Gaharu di kebunnya, M Saleh petani asal Desa Betung, Kecamatan Pulaulaut Timur, Kabupaten Kotabaru, pernah diundang oleh Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kenangan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi M Saleh. Ia merupakan satu-satunya petani asal Kalimantan Selatan yang berkesempatan bertemu langsung Presiden RI, 10 tahun silam.

Johansyah, putra bungsu M Saleh saat dijumpai klikkalsel.com dengan gamblang menceritakan momentum orang tuanya diundang Presiden RI ke Istana Negara pada tahun 2010.

“Dulu. Bapak saya diundang ke Istana Negara waktu Presidennya Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pak SBY dulu mengundang karena bapak saya telah menanam lima ribu pohon Gaharu, dan itu terbanyak di Kalsel,” tutur Johansyah, Minggu (18/8/2019).

Tampak berdiri kokoh, ribuan pohon Gaharu tertanam lestari di kebun M Saleh. (Foto : duki/ klikkalsel).

Menurutnya, lima ribu pohon Gaharu sekaligus tanaman yang dicari banyak kalangan tersebut ditanam di lahan pribadi seluas 3,7 hektar, sejak tahun 2003 silam.

“Ya, Alhamdulillah, kalau kondisi pohonnya sekarang sudah besar-besar di kebun,” ujar Johansyah, sembari mengajak awak media ini ke kebun kesayangan orang tuanya yang tak jauh dari kampung halamannya.(duki)

Editor : Amran