Banmus dan BP Perda DPRD Kalsel Kunjungi DPRD Jawa Barat

Banmus DPRD Kalsel saat melakukan kunjungan ke Jawa barat

BANDUNG, klikkalsel.com – Meningkatkan pelaksanaan tugas dan fungsi pokok DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah di daerah, Badan Musyawarah (Banmus) bersama Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendatangi DPRD Provinsi Jawa Barat, Jumat (14/6/2024).

Gt Miftahul Chotimah, Anggota Banmus menjelaskan, dalam kunjungannya bertujuan untuk bertukar informasi tentang tugas dan fungsi Banmus dan BP Perda.

“Ada beberapa kesamaan dan perbedaan, tentunya apabila ada kesamaan bisa kita kaji ulang untuk kebaikan DPRD Kalsel ke depan,” katanya.

Baca Juga : Terima Aspirasi HMI, DPRD Kalsel Akan Sampaikan ke Pusat

Baca Juga : Polda Kalsel Tetapkan Kepala Dinas PUPR Tanah Bumbu Sebagai Tersangka Kasus Korupsi

Sementara Iis Rostiasih Kepala Bagian Persidangan dan Perundangan-undangan yang saat ini sedang mengemban tugas sebagai Pelaksana Harian (Plh) Setwan Jawa Barat mengatakan, Banmus ini salah satu AKD yang wajib dibentuk di lembaga DPRD.

“Tugas dan fungsinya untuk pembahasan penjadwalan kegiatan-kegiatan DPRD, termasuk itu kegiatan pembahasan anggaran sebagai fungsi pengawasan anggaran kemudian pengawasan pemerintahan dan juga sebagai fungsi pengawasan pembentukan Perda,” katanya.

Anggota BP Perda H Gusti Rosyadi Elmi menuturkan, berhubungan dengan BP Perda, di Jawa Barat itu mewajibkan adanya naskah akademik terlebih dahulu sebelum sebuah Raperda itu dibahas.

“Jadi misalnya tahun yang di program tahun depan sejumlah Raperda, maka sebuah Raperda itulah harus siap naskah akdemik terlebih dahulu baru memperdalam program Raperda di tahun depan. Mereka tidak menerima raperda yang belum ada naskahnya ini yang menarik disini harusnya kita di dprd kalsel harusnya seperti itu lebih bagus karena itu akan lebih meningkat dan prosesnya pendalamannya akan lebih bagus hasilnya,” tuturnya. (adv DPRD Kalsel)

Editor : Akhmad