HSU

Bank Sampah Buncu Elha Solusi Mengurangi Volume Sampah TPA

Bank Sampah Buncu Elha Solusi Mengurangi Volume Sampah TPA

AMUNTAI, klikkalsel.com – Peran serta masyarakat dalam menangani persoalan sampah begitu diperlukan. Terutama dalam melakukan pengelolaan sampah sejak dini atau dari sumbernya.

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH), memfasilitasi bank sampah dengan nama Buncu Elha yang menjadi binaannya dalam pengelolaan sampah.

Proses penyadaran lingkungan melalui bank sampah dapat mengurangi volume sampah, khususnya yang jumlahnya kian meningkat dari tahun ke tahun.

Bank sampah bisa menjadi salah satu solusi menyadarkan masyarakat untuk memilah sampah organik dan non-organik, dimana nantinya sampah yang mereka kumpulkan akan di daur ulang menjadi sesuatu yang berguna dan membuat sampah menjadi barang ekonomis.

Direktur Bank Sampah Buncu Elha, Jakaria, mengatakan, gerakan menabung di bank sampah merupakan salah satu upaya mengurangi permasalahan sampah serta dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk menambah pendapatan.

“Melalui gerakan menabung di bank sampah ini terbukti efektif mampu mengurangi beban atau volume sampah yang terkirim di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sehingga masyarakat juga tergugah kesadarannya dalam mengelola sampah,” ujarnya. Minggu, (28/2/2021).

Baca Juga : Sehari 90 Sampai 118 Ton Sampah Masuk TPA Tebing Liring

Baca Juga : TPA Basirih Diperkirakan Hanya Bisa Menampung Sampah Sekitar 7 Tahun Lagi

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top