Layanan Masyarakat

Bang Hasnur kembali Bantu PJU Bertenaga Surya untuk Masyarakat Kalsel

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Anggota Komisi VII DPR RI H Hasnuryadi Sulaiman, bersama kemitraan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kembali memberikan bantuan kepada masyarakat berupa Penerangan Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya (TS), sebanyak 350 titik di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Program yang dijalankan oleh Putra ke-4, pasangan mendiang tokoh Banua, Almarhum H Abdussamad Sulaiman HB (H Leman) dan Almarhumah Hj Nurhayati akrab disapa Bang Hasnur dari kemitraan Kementerian ESDM untuk memberikan bantuan PJU-TS tersebut ke masyarakat Kalsel.

“Bantuan ini tidak jauh berbeda dari program PJU-TS sebelumnya pada tahun 2020 sebanyak 300 titik, di tahun 2021 ada 350 titik kembali di pasang untuk wilayah Kalsel,” kata Bang Hasnur, Jumat (18/6/2021).

Ia menjelaskan, program PJU-TS 2021 kali ini, disebar ke 6 kabupaten/kota di Kalsel yang mendapat bantuan penerangan. Diantaranya Kabupaten Tanah Laut 50 titik, Barito Kuala (Batola) 30 titik, Kotabaru 30 titik, Tanah Bumbu 30 titik, Kota Banjarbaru 60 titik dan Kota Banjarmasin sebanyak 150 titik.

“Untuk Kota Banjarmasin bantuan PJU-TS itu dibagi di sejumlah wilayah Kecamatan Banjarmasin Tengah, Utara dan Selatan. Seperti di Kecamatan Banjarmasin Tengah sekitaran Majelis Guru Rasyid, Jalan Sutoyo S Komplek Pondok Indah dan Masjid Nahdhatussalam, Jalan Cempaka Sari, Kelurahan Teluk Dalam,” jelasnya.

Baca Juga : Milad Kesultanan Banjar ke-516, Hasnur Diberi Gelar Datu Dharmalaksana Hikmadiraja

Kemudian di Kecamatan Banjarmasin Utara di wilayah sekitaran Komplek PWI, Kelurahan Sungai Andai, Komplek AMD Permai dan komplek Kebun Kelapa, Kelurahan Alalak Utara.

“Termasuk sekitar tempat ibadah di Kecamatan Banjarmasin Utara diantaranya Masjid As-Sajadah, Jalan Jahri Saleh, Kelurahan Surgi Mufti dan Masjid Sirajul Huda, Jalan Cendana, Kelurahan Sungai Miai,” ujarnya.

“Kecamatan Banjarmasin Selatan ada di sekitaran Majelis Guru Busu, Gang. Gembira Kelurahan Kelayan Tengah dan kisaran Kelurahan Tanjung Pagar, serta Kelurahan Mantuil. Semua ada 350 titik PJU-TS” sambungnya.

Ia mengungkapkan, sementara ini pihaknya hanya melakukan proses survey lokasi terlebih dahulu untuk menentukan titik koordinat pemasangan 350 titik PJU-TS.

“Insya Allah proses pengerjaannya dimulai pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2021 ditargetkan selesai,” tuturnya.

Menurut Bang Hasnur, Bantuan tersebut untuk memudahkan masyarakat karena tidak semua kawasan terpasang fasilitas PJU-TS, serta membantu pemerintah memanfaatkan energi alamiah berupa sinar Matahari yang melimpah.

Ia berharap dengan dipasangnya Penerangan bertenaga matahari ini, Lingkungan masyarakat yang sebelumnya masih mengharapkan Penerangan Jalan dari PLN dan Swadaya Masyarakat, kedepannya masyarakat sudah bisa menikmati penerangan dari Tenaga Surya.

“Semoga ini bermanfaat dan bisa menjadi berkah untuk semua masyarakat banua tercinta,” harap pria yang juga dikenal masyarakat sebagai CEO PS Barito Putera.

Meskipun begitu, Bang Hasnur juga mengajak peran serta masyarakat untuk membantu pemerinta dengan menjaga dan memelihara fasilitas PJU tersebut.

“Mudah-mudahan dengan lingkungan yang terang benderang, semoga dapat menghindari terjadinya pencurian di lingkungan masyarakat,” pungkasnya.(airlangga)

Editor : Amran

To Top