Budaya

Milad Kesultanan Banjar ke-516, Hasnur Diberi Gelar Datu Dharmalaksana Hikmadiraja

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Usia Kesultanan Banjar saat ini sudah 516 tahun. Di hari miladnya tahun 2021, sejumlah tokoh Banua mendapat anugerah kehormatan dari kesultanan Banjar.

Salah satunya adalah tokoh muda Kalsel, H Hasnuryadi Sulaiman, putra ke-4 dari mendiang tokoh Banua Almarhum Abdussamad Sulaiman HB (H Leman) dan Almarhumah Hj Nurhayati.

Gelar kehormatan budaya yang diberikan Sultan H Khairul Saleh di momen Milad Kesultanan Banjar ke-516 kepada CEO PS Barito Putera ialah, Datu Dharmalaksana Hikmadiraja.

Penganugerahan gelar tersebut dilaksanakan sekaligus perayaan milad kesultanan ke- 516 di salah satu Hotel Jalan A Yani Kilometer 5 Kota Banjarmasin, Minggu (13/62021).

H Hasnuryadi Sulaiman yang akrab disapa Bang Hasnur, seusai acara mengucapkan terima kasih kepada Kesultanan Banjar yang telah menganugerahi gelar kehormatan budaya kepadanya.

“Saya mewakili keluarga mengucapkan terimakasih kepada Sultan H Khairul Saleh yang telah menganugerahi gelar, dan saya sangat terharu serta berbahagia,” kata Bang Hasnur.

Menurut Bang Hasnur, Gelar yang diberikan ini merupakan hasil dari kebaikan yang ditekankan dan dilanjutkan ayahandanya almarhum H Abdussamad Sulaiman HB (H Leman) dan ibunda tercintanya almarhumah Hj Nurhayati semasa hidup.

“Mudah-mudahan kebaikan almarhum abah dan mama ini bisa saya lanjutkan bersama anak- anaknya dan cucu – cucunya dalam berbuat baik serta mengabdi untuk masyarakat Banjar tercinta,” harapnya.

Baca Juga : Pererat Silaturahmi, Bang Hasnur Kunjungi Pimpinan BCA

Di momen milad ke-516 kesultanan Banjar, Bang Hasnur secara khusus juga mengucapkan selamat dan kedepannya bisa semakin menebar kebaikan dalam kegiatan yang bermanfaat seperti apa yang disampaikan Sultan H Khairul Saleh.

“Bahwa harus menegakkan sara, meneguhkan adat dan juga merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Hasnur seperti meniru ucapan Sultan H Khairul Saleh.

Disamping itu, Bang Hasnur yang juga menjabat sebagai anggota DPR RI, berharap kelestarian budaya dari para pendahulu dan raja-raja kesultanan Banjar serta masyarakat harus tetap dirawat bersama dengan baik juga penuh keikhlasan.

“Budaya Banjar harus tetap dijaga dengan baik dan penuh keikhlasan seiring kemajuan zaman,” tegasnya.

Sebelumnya, Sultan Banjar H Khairul Salah, mengatakan dalam milad ke-516 kesultanan Banjar kali ini, mengangkat tema meneguhkan adat, menegakkan sara dan merawat NKRI. Artinya dalam meneguhkan adat budaya tradisi Banjar dari dulu hingga sekarang harus selalu dijaga serta dilestarikan.

“Seperti dalam agama Islam budaya Banjar harus dengan menjunjung kebersamaan, persatuan dan toleransi,” kata Sultan H Khairul Saleh kepada awak media.

Menurutnya, budaya Banjar itu, diharap bisa menjadi salah satu benteng melawan budaya-budaya negatif dari luar.

“Untuk menegakkan sara, masyarakat Banjar yang agamis dan Islam sebagai pegangan hidup dengan meneguhkan adat untuk menegakan budaya, InsyaAllah NKRI akan terjaga dan aman,” jelasnya.

Selain itu, dalam milad ke-516 Kesultanan Banjar. Ia juga memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap para tokoh banua atau penggiat-penggiat seni dan budaya, penjaga lingkungan, serta ahli kuliner yang pihaknya berikan penghargaan astakona.

“Mudah-mudahan, dengan penghargaan itu bisa menjadi semangat, spirit dan contoh suri tauladan bagi generasi muda kedepan,” pungkasnya.(airlangga)

Editor : Amran

To Top