HSS

Akses Utama Menuju Loksado Kembali Tertimbun Tanah Longsor

KANDANGAN, klikkalsel.com – Jalan utama di Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tertimbun tanah longsor susulan, Sabtu (16/1/2021). Musibah ini mengakibatkan, jalan tertutup sepanjang sekitar 100 lebih dan mengakibatkan mobilitas warga di dataran tinggi tersebut lumpuh.

Tumpukan tanah menutupi seluruh badan jalan yang biasanya dilintasi masyarakat apabila berwisata ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Loksado. Sebelumnya kejadian serupa telah di terjadi di lokasi yang sama.

Baca Juga : Banjir di Kalsel Sudah Telan Korban Jiwa

Kapolsek Loksado Ipda Syahbana menerangkan, sejak kemarin 11 – 14 Januari 2021, hujan deras mengguyur wilayah setempat. Longsor terjadi di sejumlah titik, yang terparah di jalan utama Kandangan-Loksado, tepatnya di Desa Hulu Banyu.

Penanganan pertama yang dilakukan Polsek Loksado yakni berkoordinasi dengan kecamatan, Koramil, serta desa untuk melakukan upaya pembersihan manual. Beruntungnya, tak ada korban dari bencana alam tersebut.

“Beberapa kali longsor disini, kemarin sudah kita lakukan proses pembersihan bersama TNI dan warga. Ini yang terparah, diperkiran sepanjang 100 meter lebih menutup jalan. Memerlukan alat berat untuk membuka dan koordinasi bersama pihak terkait,” tuturnya.

Guna menjamin keselamatan, dia mengimbau masyarakat agar terus waspada saat melintas di jalur dataran tinggi. Mengingat, hujan tinggi kerap kali mengakibatkan tanah longsor.

“Kita tempatkan rambu lalulintas dan peringatan agar pengguna jalan berhati-hati,” pungkasnya. (rizqon)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top