Destinasi

Ada Pulau Dadakan di Sungai Barito, Dijadikan Tempat Rekreasi Warga

Sungai Barito Surut

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Fenomena munculnya pulau pasir pada saat air sungai surut di kawasan Sungai Barito yang letaknya bersebelahan dengan Pulau Kembang Kabupaten Barito Kuala bukan hal yang asing bagi warga sekitar.

Warga sering pula menyebutnya pulau gosong atau pantai gosong.

Namun kehadiran pulau tersebut banyak membuat perhatian warga masyarakat, karena dasar Sungai Barito itu menjadi hamparan pasir yang lembut serta area yang sangat luas. Sehingga dimamfaatkan warga dalam rekreasi, atau libur akhir pekan.

“Apabila arus dari Muara banjar menuju ke arah Barito itu tanda sungai Barito sedang surut disitulah kadang terlihat pulau gosong tersebut,” kata Ihsan warga Alalak Selatan kepada klikkalsel Minggu (22/11/2020)

Munculnya pulau gosong di kawasan sungai Barito tersebut hanya bebrapa kali dalam setahun itupun apabila keadaan airnya sangat surut.

Dan kehadiran pulau gosong tersebut hanya beberapa jam saja, ketika memasuki siang sekitar jam 11.00 Wita hingga menjelang sore pukul 17.00 Wita.

Setelah akan hilang lagi, karena tenggelang seiring arus pasang dari sungai Barito menuju ke Muara Banjar.

“Sudah satu minggu pulau tersebut banyak dikunjungi warga terlebih saat libur seperti ini, ada yang bermain bola dan yang lainnya,” ucap Ihsan lagi.

Lokasi untuk ke pulau gosong sendiri sangat mudah bisa menggunakan kelotok dari Alalak Selatan atau bisa pula dari Muara kuin.

“Cuma Rp5000 perorang bisa diatar sampai ke pulau gosong tersebut,” tambah Isan (azka)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top