PPKM kembali di Perpanjang, Capaian Vaksinasi Lansia di Banjarmasin Masih Rendah

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang, hal ini di keluarkan secara resmi oleh pemerintah pusat, dan dengan jangka waktu yang belum di tentukan.

Perpanjangan PPKM tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, usai rapat terbatas bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Senin (9/5/2022).

Karena instruksi tersebut, Kota Banjarmasin juga akan kembali melanjutkan PPKM level 3 di Banjarmasin, hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, M Ramadhan, saat di jumpai awak media, Selasa (10/5/2022).

Kebijakan perpanjangan PPKM itu sesuai dengan keluarnya Instruksi Dalam Negeri (Inmendagri) bernomor 25 Tahun 2022.

Untuk Banjarmasin, sendiri yang ditetapkan sebagai wilayah dengan PPKM level 3 dikarenakan indikator rendahnya angka vaksinasi Covid-19 lansia dan anak.

Baca Juga : Hari Ini PPKM Berakhir, Banjarmasin Menunggu Mendagri

Baca Juga : Awas, Warga Akan Dikenakan Sanksi Tipiring Jika Buang Sampah Sembarangan

“Jadi kendala memang vaksin lansia. Kita masih dibawah target 70 persen, kita hanya 58 persen,” ungkapnya.

Namun dari data real kata Ramadhan, angka vaksinasi sebenarnya menurut data real yakni sebesar 78 persen.

“Sehingga upaya untuk sinkronisasi data sedang diproses agar memang secara riil nya Kota Banjarmasin berada memang dilevel 1,” jelasnya.

Alasan masih rendahnya capaian Vaksinasi Lansia dan Anak ini dikarenakan faktor sasaran yang berbeda, juga karena lansia yang berada di Banjarmasin sebanyak 30 persen merupakan komorbid.

“Serta kurangnya pemahaman terhadap pentingnya vaksinasi, karena merasa diri dan dari keluarga tidak kemana-mana. Hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita untuk terus mencapai target tersebut,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran