Aktifitas Gowes Meningkat, Dishub Tabalong Akan Tambah Jalur Sepeda

TANJUNG, klikkalsel.com – Meningkatnya jumlah pesepeda belakangan ini membuat Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten berencana menambah ruas jalur khusus sepeda.

Kepala Dishub Tabalong, Tumbur P Manalu, mengatakan, saat ini rencana tersebut sedang dalam pengajuan.
“Ruas jalan bagi pesepeda kedepan akan kita tambahkan, nanti akan kita tambahkan di APBD perubahan dan kita usulkan ke provinsi,” ujarnya, Selasa (13/10/2020).

Menurut Tumbur, saat ini kondisi jalan di kabupaten Tabalong terbagi tiga yaitu, jalan ruas nasional, provinsi dan kabupaten.

Untuk itu pihaknya akan memilah mana menjadi kewenangan kabupaten. Sedangkan untuk jalur sepeda saat ini hanya ada ditiga ruas jalan.

“Masing-masing di kiri kanan Jalan Penghulu Rasyid, Jalan Jaksa Agung Kecamatan Tanjung sepanjang 1,2 kilometer, kemudian di kiri kanan Jalan Pendopo Bersinar Pembataan mulai pintu gerbang sampai fasilitas panjat tebing sepanjang 500 meter,” jelasnya.

Selain itu, sementara waktu di Jalan PHM Noor yang merupakan ruas jalan nasional juga digunakan para pesepeda. “Namun di jalan ini para pesepeda di anjurkan untuk menggunakan jalur lambat,” ucap Tumbur.

Sementara, terkait jalur sepeda disejumlah ruas jalan di Kabupaten Tabalong yang hingga kini masih belum memiliki rambu-rambu lalu lintas sebagai syarat keselamatan para pesepeda, Tumbur menjelaskan masih dalam proses perencanaan.

“Terkait rambu pesepeda akan kita usulkan juga, rencana kalau bisa terealisasi di Oktober ini,” terangnya.

Tumbur menambahkan, pihaknya akan segera mensosialisasikan keselamatan bersepeda di jalan sesuai Permenhub no 59 tahun 2020.

“Karena ini lagi viral orang bersepeda di jalan, nanti akan di sosialisasikan kita akan mengundang komunitas sepeda kemudian sosialisasi ke sekolah-sekolah juga,” imbuhnya.(arif)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan