Deklarasi Pilkada Balangan Damai Patuh Protokol Kesehatan, Paslon Siap Jadi Pelopor

PARINGIN, klikkalsel.com – Dalam rangka pelaksanaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan Tahun 2020 yang berlangsung di masa pandemi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan bersama Polres Balangan melaksanakan Deklarasi Bersama penerapanan dan kepatuhan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19, Rabu (09/09/2020).

Bertempat di Halaman Kantor KPU Balangan, Deklarasi ini dihadiri lngsung dua pasangan yang berlaga di Pilkada Balangan 2020 yakni Pasangan Ansharuddin – M Noor Iswan ( ANIS ) dan Abdul Hadi – Supiani ( HAS ) .

Komitmen tersebut ditandai dengan dilakukan penandatangan kesepakatan bersama oleh kedua Bapaslon dan juga oleh Ketua KPU serta Bawaslu yang digelar KPU Balangan, Kamis (10/9/2020).

Serta dihadiri dan disaksikan Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid, Danramel Paringin serta undangan lainnya.

Bapaslon H Ansharuddin- M Nor Iswan (ANIS), mengatakan pihaknya siap untuk menegakkan protokol kesehatan Covid-19 selama pilkada berlangsung.

“Dari awal memang kami sudah berkomitmen untuk patuh terhadap peraturan yang berlaku, termasuk menegakkan protokol kesehatan Covid-19. Soalnya, kami tidak mau menimbulkan klaster-klaster baru,” kata Ansharuddin didampingi Iswan, usai acara deklarasi bersama tersebut kepada awak media.

Ia mengatakan, pihaknya juga akan memberikan imbauan kepada seluruh pendukung dan sipatisan ANIS agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan selalu memakai masker dan jaga jarak.

“Kami juga akan intens memberikan pemahaman dan imbauan kepada para pendukung dan simpatisan ANIS supaya mengedepankan protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Iswan menambahkan, pihaknya juga berkomitmen akan menegakkan protokol kesehatan Covid-19 selama Pilkada Balangan berlangsung.

“Jadi, bukan hanya itu dalam penerapannya. Tapi, kami akan jadi promotor sebagai penggerak penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Balangan. Kami juga tidak ingin ada klaster baru,” tegasnya.

Sementara, Ketua KPU Balangan, Saripani menyampaikan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta peserta Pilkada 2020 untuk menandatangi komitmennya untuk patuh terhadap protokol kesehatan dari setiap tahapan yang sedang berjalan.

“Tandatangan ini penting dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Pilkada 2020,” ujarnya.

Ia berharap, langkah ini menjadi semangat para peserta dalam menjalankan komitmennya ketika saat menjalankan tahapan Pilkada yang sedang berjalan.

“Saya kira ini salah satu langkah penting yang kita tempuh, dan sekali lagi Pilkada dengan standar protokol Covid adalah komitmen kita bersama, harus kita jaga bersama,” tandasnya.

Begitu juga dengan Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid mengimbau dan meminta kepada masing masing bapaslon untuk memberikan arahan kepada pendukung dan simpatisan masing masing untuk bisa menjaga dan mematuhi protocol kesehatan.

“Kami beri aprisiasi kepada KPU Balangan yang telah melaksanakan deklarasi bersama khususnya bagi para paslon untuk berkomitmen penerapan protocol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Balangan tahun 2020,” ucapnya.

Ia mengajak, bersama sama menjaga dan mematuhi komitmen tersebut untuk kepentingan masyarakat Balangan. (fitri)

Editor : Akhmad

Tinggalkan Balasan