Prajurit TNI Kawal Pendakian Nasional Merah Putih Back To Meratus Gunung Halau-halau

Panitia Pelaksana Pendakian Nasional Merah Putih Gunung Halau-halau 2023 bersama Komandan Kodim 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawardhana.

BARABAI, klikkkalsel.com – Panitia pelaksana “Pendakian Nasional Merah Putih 2023: Back To Meratus” di Gunung Halau-halau, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) 2023, terus mematangkan persiapan setelah mengantongi rekomendasi dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Kali ini Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) UNISKA MAAB Banjarmasin, tuan rumah event nasional itu melakukan survei lokasi dan koordinasi lintas instansi, salah satunya di markas Kodim 1002/HST, Senin (19/6/2023).

Kedatangan mereka langsung disambut Komandan Kodim (Dandim) 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawardhana. Kepada Dandim, panitia menyampaikan gambaran kegiatan yang mengangkat tema “Semangat Kemerdekaan, Revolusi Hijau”.

Pendakian akan diikuti organisasi pecinta alam dari luar Pulau Kalimantan dan para penggiat alam bebas pada tanggal 14 sampai 19 Agustus 2023 mendatang.

Berbagai rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 dan Hari Jadi Kalsel ke-74 di antaranya upacara bendera Merah Putih di puncak tertinggi Kalsel Gunung Halau-halau dan di desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Sosialisasi Geopark Meratus, Sunatan Massal, Pengobatan Gratis, dan Nonton Bareng Film perjuangan republik Indonesia bersama warga.

Baca Juga : Back To Meratus! Gubernur Kalsel Dukung Penuh Pendakian Nasional Merah Putih Gunung Halau-halau

Baca Juga : Kilas Balik Pendakian dan Pengibaran Merah Putih pada 17 Agustus di Gunung Halau-halau

Atas pemaparan itu, Dandim mengapresiasi konsep acara yang dikemas panitia. Menurutnya Pendakian Nasional Merah Putih memiliki nilai positif dan bisa memperkokoh kecintaan terhadap NKRI bagi generasi muda dan masyarakat di kaki pegunungan Meratus, tempat acara dilaksanakan.

“Kodim 1002/HST mendukung kegiatan Pendakian Nasional Merah Putih di Gunung Halau-halau dan siap memberikan pengawalan kegiatan,” tandas Letkol Kav Gagang Prawardhana.

Sementara itu, ketua pelaksana, Rizky Dwiyanto atau yang akrab disapa Jungkok di kalangan organisasi pecinta alam, mengatakan selain Markas Kodim 1002/HST, panitia juga menyambangi Polres HST dan Dinas Kesehatan HST untuk berkoordinasi. Dijelaskannya, proyeksi panitia saat ini adalah survei lokasi dan mengurus perizinan.

“Setelah diberi rekomendasi kegiatan oleh Gubernur Kalsel Paman Birin, kami panitia acara melakukan survei lokasi dari desa hingga ke puncak Gunung Halau-halau. Kami sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak,” pungkas mahasiswa semester enam di Fakultas Teknik UNISKA itu.(rizqon)

Editor : Amran