Religi  

Manasik Haji Massal Membuat Jemaah Makin Rindu Tanah Suci Jelang Keberangkatan

Ratusan calon jemaah haji mengikuti manasik haji massal yang dipandu KH Muhammad Wildan Salman dan secara resmi dibuka Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. (foto: rizqon/klikkalsel).

BANJARBARU, klikkalsel.com – Menjelang keberangkatan kloter pertama calon jemaah haji embarkasi Banjarmasin pada 11 Juni nanti, para jemaah antusias mengikuti Manasik Haji Massal di Asmara Haji, Banjarbaru, Kamis (9/6/2022). Keberangkatan tahun ini adalah kesempatan yang paling berkesan bagi jemaah, karena dua tahun pelaksanaan ibadah haji ditutup akibat pandemi Covid-19.

Abdullah Saraji Gapuri, salah satu calon jemaah haji asal Banjarbaru yang sangat bersyukur bisa berangkat ke tanah suci tahun ini.

“Alhamdulilah setelah ditunda akibat Covid-19, kami bisa berangkat tahun ini, menjadi tamu Allah,” tuturnya, usai mengikuti bimbingan manasik haji massal, di aula Jeddah Asrama Haji, Embarkasi Banjarmasin, di Banjarbaru.

Baca Juga : Tidak Boleh Bawa Air Zam-Zam di Bagasi Hingga Batas Kapasitas Koper, Jemaah Haji Diminta Patuhi Anjuran

Baca Juga : Belasan Ribu Tenaga Honorer di Kalsel Menunggu Nasib Jika Diputus Kontrak

Segala persiapan sudah disiapkan Saraji yang mengaku tak sabar menunggu hari keberangkatan. Untuk berangkat ke tanah suci, para jemaah mengaku sudah diberi bekal yang matang, mulai dari menjaga kesehatan fisik hingga saat menjalankan ibadah haji.

“Semua kesiapan sudah diberikan oleh panitia haji, Insya Allah kami siap berangkat,” jelasnya.

Sementara itu, turut hadir Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang secara resmi membuka bimbingan manasik haji massal yang dipandu KH Muhammad Wildan Salman atau masyhur dikenal Guru Wildan. Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini berharap ibadah haji jemaah embarkasi Banjarmasin berjalan lancar.

“Semoga jadi haji yang mabrur, berangkat selamat pulang juga dengan selamat,” ucap Gubernur bersama Guru Wildan.

Adapun, pada 11 juni, mendatang Kloter 1 akan masuk asrama haji dan diberangkatkan adalah Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Tabalong, Balangan dan Banjar sebanyak 356 orang JCH dan 4 orang petugas kloter, yakni, 1 orang Ketua Kloter, 1 orang Pembimbing Ibadah dan 2 orang petugas kesehatan. (rizqon)

Editor: Abadi