Warga Pesisir Tanbu Diimbau Waspadai Puting Beliung

Kepala BPBD Kabupaten Tanah Bumbu Eryanto Rais. (foto : duki/ klikkalsel).

BATULICIN, klikkalsel – Pemkab Tanah Bumbu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengimbau agar masyarakat yang bermukim di kawasan pesisir Bumi Bersujud untuk senantiasa mewaspadai angin puting beliung.

Imbauan tersebut disampaikan Kepala BPBD Tanah Bumbu Eryanto Rais, Minggu (6/10/2019) pagi.

Baca Juga : Masuk Musim Penghujan BPBD Kalsel Ingatkan Bahaya Puting Beliung, Banjir dan Longsor

Mengingat, kata, saat masuknya pergantian musim dari kemarau menuju musim penghujan, potensi terjadinya angin kencang meningkat.

“Perlu kami sampaikan, memasuki musim penghujan ini agar masyarakat Tanah Bumbu, khususnya yang berdomisili di kawasan pesisir untuk senantiasa waspada angin puting beliung,” ujar Eryanto.

Ia mengatakan, memasuki musim penghujan sebenarnya sangat dinantikan, namun yang harus tetap diwaspadai adalah musibah angin puting beliung, karena bisa tidak diprediksi kapan akan terjadi.

“Intinya masyarakat harus terus wasapada. Terlebih, kalau hujan lebat, biasanya disertai pula dengan angin kencang atau puting beliung, dan saat kondisi seperti itulah yang harus diwaspada,” tuturnya.

Baca Juga : Gerak Cepat Kapolsek Kusan Hulu Salurkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung

Selain itu, dia menyebutkan, untuk daerah Tanah Bumbu hujan turun mulai mengguyur secara merata di sejumlah wilayah kecamatan.

“Hari Minggu pagi ini Alhamdulillah hujannya sudah mulai merata. Kecamatan Kusan Hilir, Simpang Empat, Batulicin, dan sejumlah kecamatan lainnya juga sudah diguyur hujan,” pungkasnya. (duki/adv)

Editor : Enjol