Masuk Musim Penghujan BPBD Kalsel Ingatkan Bahaya Puting Beliung, Banjir dan Longsor

Kabut asap terjadi di sekitar Liang Anggang Banjarmasin.(foto : rizqon/klikkalsel)

BANJARBARU, klikkalsel – Sejumlah kawasan di Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah mulai diguyur hujan. Sehingga lahan gambut sudah tak terbakar.

Pun begitu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel tetap memperingatkan bahaya kabut asap. Karena lahan yang terbakar usai diguyur hujan akan mengeluarkan kabut asap.

“Fenomena yang seperti ini sudah dua kali, pada minggu pertama awal turun hujan juga terjadi kabut,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kalsel Wahyuddin, Kamis, (3/10/2019).

Menurut dia, saat ini sudah memasuki pergantian musim dan kemarau ke musim penghujan.

Bahkan, ia mengingatkan, warga Kalsel waspada bencana yang muncul setiap peralihan musim. Dan, kata dia, bencana yang terjadi biasanya adalah angin puting beliung.

“Kita menghimbau masyarakat jika ada peringatan dini dari BMKG bahwa terjadi hujan di suatu tempat itu menjadi perhatian kita bersama agar berhati-hati,” ujarnya.

BPBD Kalsel sendiri, kata dia, sudah mempersiapkan pengiriman stok bantuan kepada BPBD Kabupaten dan Kota se Kalsel untuk korban dari musibah bencana tersebut.

Adapun status kesiagaan dari BPBD Kalsel sampai dengan 31 Oktober masih berstatus siaga Karhutla, dan rencananya 1 November sampai 31 April 2019 akan ditetapkan siaga darurat banjir, puting beliung dan longsor. (nuha)

Editor : Farid