Warga Jejangkit Senyum Bahagia Didatangi ‘Bahayau’ Pemuda Pancasila Kaltim – Kalsel

MARABAHAN, klikkalsel.com – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Pemuda Pancasila Kalimantan Timur didampingi saudara satu organisasi di Kalimantan Selatan (Kalsel) terjun langsung ke lokasi banjir yang melanda Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, Selasa (26/1/2021).

Banjir setinggi paha orang dewasa mereka rasakan untuk bertemu langsung dengan warga.

Desa Jejangkit Muara, salah satu titik yang cukup sulit dijangkau. Tak banyak relawan dapat langsung mengantarkan bantuan secara ‘door to door’, hanya beberapa jenis mobil yang bisa menerobos masuk di tengah rendaman air, selebihnya juga bisa diakses menggunakan perahu.

“Selain jaraknya jauh, mobilitasnya tidak memadai,” tutur Kades Jejangkit Muara, Gunawan.

Kondisi itu membuat warga penyintas banjir di kawasan tak seberuntung wilayah lain mendapat cukup bantuan. Kehadiran Pemuda Pancasila asal Kaltim yang dipimpin langsung Hj. Tanty Prasetyoningrum selaku Ketua DPW Srikandi Pemuda Pancasila Kaltim menjadi penawar kepiluan warga.

Selain menyerahkan bantuan di posko desa setempat, mereka juga ‘bahayau’ (istilah bahasa Banjar: berjalan kaki di tengah rendaman air,- red) menyambangi rumah warga door to door.

Kedatangan organisasi masyarakat tersebut membuat warga tampak senang. Apalagi kehadiran mereka berbarengan dengan kunjungan Wakil Bupati Barito Kuala Rahmadian Noor didampingi Kapolres kabupaten setempat AKBP Lalu Arif meninjau langsung kondisi dan menyerahkan bantuan untuk warga di beberapa desa kecamatan setempat.

“Alhamdulillah terbantu kebutuhan pokok masyarakat Kecamatan Jejangkit, Desa Jejangkit Muara khususnya. Wakil bupati juga ikut bahayau,” pungkasnya.

Sementara itu, kehadiran MPW Pemuda Pancasila Kaltim di Kalsel membawa bantuan logistik sebanyak bak mobil truk fuso. Bantuan bencana itu terdiri bahan pokok makanan, air bersih, obat-obatan, pakaian dan selimut.

Pendistribusiannya sendiri berkolaborasi dengan MPW Pemuda Pancasila Kalsel yang dipimpin Hasnuryadi Sulaiman. Titik pemukiman terendam banjir yang sulit dijangkau dipilih sebagai prioritas penyerahan bantuan. (rizqon)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan