Warga Gunung Sasapit Patungan Hampir Satu Miliar Demi Punya Jalan Beraspal

Meski sudah patungan banyak dana, warga Gunung Sasapit juga tetap kerja keras mengaspal jalan mereka demi menjaga rasa kebersamaan.(foto : duki/klikkalsel)

KOTABARU, klikkalsel- Jalan merupakan salah satu infrastruktur utama, sekaligus urat nadi perekonomian masyarakat. Sehingga, jalan yang mulus menjadi dambaan semua orang.

Bahkan, demi menyulap jalan mulus dan beraspal, warga Gunung Sasapit, Desa Tirawan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) rela gotong-royong untuk memperbaiki jalan mereka.

Menariknya, tidak hanya bahu-membahu, warga penghuni Gunung Sasapit yang jumlahnya tidak genap seratus Kepala Keluarga (KK) rela patungan dana sampai ratusan juta rupiah, atau hampir satu miliar rupiah.

Arba’i, Ketua RT 05 mengatakan, jalan beraspal sudah lama didambakan oleh warga Gunung Sasapit, agar mudah untuk dilintasi atau diakses.

“Jadi, kalau menunggu saja, nampaknya akan lama kita punya jalan aspal. Makanya, kami terpaksa harus mengumpulkan dana agar jalan kami bisa teraspal meskipun harus sampai hampir satu miliar,” ujar Abah Evi, sapaan akranya.

Menurut dia, adanya rasa kebersamaa dan keinginan yang kuat warga bersepakat untuk mengerjakan sendiri pengaspalan jalan, meskipun harus dengan cara manual.

“Kami disini lebih senang kerja sama-sama. Meskipun lambat, dan sangat menguras tenaga dengan menggoreng aspal sendiri, terus dipadatkan dengan alat seadanya, tapi disitu ada kebersamaan yang kuat. Intinya, jalan kampung kami mulus dan aspal,” tandas Pak RT.(duki)

Editor : Alfarabi