Berita Utama

Wanita Hamil di HSU, Masuk Kategori PDP Covid-19

AMUNTAI, klikkalsel.com – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) merilis perkembangan kasus virus corona hingga hari ini, Selasa, (14/4/2020).
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten HSU dr H Agus Fidliansyah mengatakan, saat ini sudah ada 1 pasien dalam pengawasan (PDP), 17 orang dalam pemantauan (ODP), 63 ODP selesai pemantauan serta 1.138 orang dengan risiko (ODR).
Terkait 1 orang yang berstatus PDP tersebut, dikatakannya, merupakan wanita (28) warga Desa Ambahai Kecamatan Paminggir dan sedang hamil sekitar 37 minggu dengan keluhan sering mual, muntah dan kontraksi kehamilannya setelah dilakukan pemeriksaan ada keadaan gawat janin sehingga sepakat dirujuk ke Puskesmas Danau Panggang.
“Hasil pemeriksaan dan observasi selama 30 menit, suhu badan pasien tinggi dan gawat janin sehingga kembali dirujuk ke RSUD Pambalah Batung Amuntai,” terangnya.
Baca Juga : Warga Komplek Bumi Indah Lestari 2 Tutup Akses Jalan Masuk Menuju Lokasi Karantina BTIKP
Disampaikannya juga bahwa pasien tersebut setelah berada dalam VK bersalin, dilakukan lagi pemeriksaan suhu tubuh lalu di rapit test hasilnya reaktif.
“Pasien telah dirujuk dan berada ke RSUD Ulin Banjarmasin pada, Minggu, (12/4/2020) kemarin, untuk mendapat perawatan dan pemeriksaan lebih lanjut,” tuturnya.
Sementara, untuk tindak lanjut terhadap angka ODR tersebut pihaknya melakukan self monitoring (pantau mandiri), kemudian jika ada keluhan gejala segera melapor ke petugas kesehatan dengan no kontak yang telah diberikan.
“Mereka juga diharuskan melakukan jaga jarak, memakai masker jika keluar rumah atau berada di areal banyak orang, cuci tangan pakai sabun dan lebih baik di rumah saja serta sama halnya dengan masyarakat lainnya,” tukasnya.(doni)
Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top