Ekonomi & Bisnis

Tips Dalam melakukan Thrifting atau berburu barang bekas.

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Istilah thrifting mungkin asing di telinga masyarakat pada umumnya. Tapi mungkin tanpa disadari kita pernah melakukan kegiatan tersebut.

Secara umum, thrifting adalah sebuah kegiatan berburu pakaian di toko barang bekas, pasar atau garage sale. Thrifting kini biasa dilakukan oleh anak muda guna tampil fashionable dengan low budget.

Dalam melakukan kegiatan thrifting ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mencari preloved item juga ada tips dan triknya, demi mendapat hasil belanjaan sesuai keinginan.

Riset tempat

Kegiatan thrifting tak serta merta dapat dilakukan, kamu harus melakukan riset sebelumnya. Setiap tempat menyediakan barang berbeda dengan kebutuhan yang berbeda pula.

Ada baiknya melakukan riset sebelum datang ke tempat tujuan, karena jika salah, kemungkinan akan muncul rasa kecewa dengan barang tersedia. Beberapa tempat yang dapat menjadi rekomendasi thrifting di Jakarta adalah Pasar Baru dan Pasar Senen.

Riset harga

Selain tempat, yang perlu diperhatikan dalam kegiatan thrifting adalah mengetahui kisaran harga barang. Jangan sampai saat berbelanja uang yang kamu bawa kurang. Sebagian besar penjaja preloved item hanya menerima uang cash. Perhatikan juga harga yang ditawarkan, apakah sepadan dengan kualitas dan kondisi barang.

Kualitas barang

Saat melakukan thrifting yang harus diperhatikan adalah barang yang dibeli. Apakah masih layak pakai atau tidak, mengingat barang yang dibeli adalah barang bekas.

Baca Juga : Ramai Digandrungi, Thrifting Jadi Peluang Usaha Menggiurkan

Sebagian barang yang dijajakan memang tidak layak pakai. Jadi perlu untuk lebih memperhatikan kondisi barang secara rinci.

Kualitas barang yang harus dipertimbangkan termasuk, apakah jahitan yang ada masih kuat? Kualitas bahan masih bagus atau tidak? Terakhir, apakah ada kerusakan pada barang?

Membersihkan

Setelah selesai berbelanja yang perlu diperhatikan adalah membersihkan barang yang telah dibeli, mengingat barang yang dibeli adalah barang bekas. Langkah paling baik adalah membersihkan dengan cairan antiseptik.

Caranya, merendam barang semalaman dengan cairan tersebut, kemudian dilanjutkan membersihkan dengan deterjen. Langkah ini dilakukan agar barang yang dibeli bersih menyeluruh.(airlangga)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top