Tiga Pilar Banjarmasin Gelorakan Berdirinya Kampung Tangguh Bebas Covid-19

Tiga Pilar Banjarmasin Gelorakan Berdirinya Kampung Tangguh Bebas Covid-19
BANJARMASIN, klikkalsel.com – Terinspirasi dan mengadopsi dari pola yang ditetapkan Polda Jatim yang membuat desa tangguh, Tiga Pilar Kota Banjarmasin tergerak untuk membuat Kampung Kuat atau Kampung Tangguh Bebas Covid-19.
Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan kepada awak media, Selasa (2/6/2020).
Menurutnya, sejauh ini sudah ada beberapa posko yang dibuat antara lain di wilayah Polsek Banjarmasin Timur terdapat dua pos yang terletak di Keluarahan Banua Anyar dan Kelurahan Pemurus Luar.
Baca juga : Mundur Tim Gugus Covid-19, Dewan Banjarmasin Bentuk Pansus?
Di wilayah Polsek Banjarmasin Utara pihaknya mengaku juga telah membuat dua posko yaitu di Kelurahan Sungai Andai dan Kelurahan Surgi Mufti. Sementara di wilayah Polsek Banjarmasin Selatan terdapat posko di Kelurahan Basirih Selatan.
“Semuanya dikelola dan didirikan secara swadaya oleh masyarakat, baik masalah pendanaan hingga operasional posko tersebut,” ujar Kapolresta.
Ditambahkan Kapolresta, pos-pos tersebut berfungsi sebagai ‘check point’ bagi tamu yang ingin memasuki wilayah tersebut. Petugas akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan memastikan warga yang masuk mengenakan masker.
Selain itu, di kawasan pos juga akan diberlakukan jam malam dan pembatasan pintu masuk sehingga setiap warga dan tamu yang melintas dapat terawasi dengan baik.
“Posko tersebut juga berfungsi sebagai pos pengawasan bagi warga yang melakukan karantina mandiri,” imbuhnya.
Terkait masih adanya wilayah kecamatan yang belum memiliki kampung tangguh bebas Covid-19, Kapolresta telah memerintahkan para Bhabinkamtibmas melalui Polsek-Polsek diwilayahnya untuk segera membentuknya.
“Besok kami akan meresmikan dua kampung tangguh sekaligus, disitu nanti kami juga akan berdialog dengan warga terkait saran dan masukan supaya kedepan bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.
Ia berharapm, kampung tanggung bebas ini dapat terus tumbuh sehingga dapat membantu pemerintah guna percepatan penanganan Covid-19 di Banjarmasin.(david)
Editor : Amran