Indek Berita

Tertangkap Kamera Bantu Pendemo Wudhu, Wakapolresta Banjarmasin: Sesama Muslim Harus Saling Bantu

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Aksi unjuk rasa mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa se Kalimantan Selatan (Bem se-Kalsel) di depan Gedung DPRD Provinsi Kalsel Jalan Lambung Mangkurat, Senin (21/6/2021) sempat berlangsung panas.

Dalam aksi yang mengangkat tema #saveKPK, polisi dan para mahasiswa sempat terlibat aksi saling dorong. Meski kemudian dapat ditenangkan hingga bentrok tak berlanjut.

Ada yang menarik, disaat memasuki waktu salat Dzuhur, sejumlah mahasiswa memulai untuk menggelar salat berjemaah di jalan. Mereka pun mulai mencari tempat untuk berwudhu, beberapa diantaranya mengambil wudhu dengan memanfaatkan air mineral.

Di tengah itu, terlihat pemandangan menarik, Wakapolresta Banjarmasin, AKBP Sabana Atmojo terlihat membantu seorang mahasiswa untuk berwudhu.

Baca  juga: Tujuh Tuntutan Bem Se-Kalsel dalam Aksi Unjuk Rasa Kepedulian Terhadap KPK

Tanpa risih sedikit pun, sambil berjongkok ia terlihat membantu menuangkan air dari botol air mineral ke tangan dan kaki mahasiswa tersebut.

Bahkan yang ramai tertangkap kamera dan beredar di media sosial, orang nomor dua di jajaran Polresta Banjarmasin tersebut kedapatan sedang membantu menyiramkan air wudhu kepada salah satu anggota DPRD Kalsel yang hadir untuk menemui mahasiswa.

Ditemui di sela pengamanan aksi, Sabana mengaku ia hanya melakukan tugasnya sebagai sesama muslim untuk membantu saudaranya yang mau beribadah.

“Kebetulan saat itu saya sudah ambil wudhu duluan. Gak ada salahnya kan bantu-bantu mahasiswa dan bapak-bapak yang mau wudhu,” ujarnya.

Meski aksi tersebut sempat diwarnai bentrok, ujar Sabana hal itu tidak membuat kita harus bermusuhan dan tidak saling bantu.

Ia pun mengaku tidak merasa gengsi atau malu untuk melakukan itu meski ia seorang perwira menengah Polri. Sabana pun mengaku melalukan itu bukan karena pencitraan, karena awalnya ia pun sebenarnya tidak sadar sedang dibidik kamera.

“Adik-adik mahasiswa yang demo itu pun bukan musuh. Mereka itu saudara-saudara kita semua. Ngapain harus gengsi-gengsian. Di mata tuhan kita sama,” tegasnya.(david)

Editor : Amran

To Top