Destinasi

Taman Budaya Tayangkan Kesenian Topeng Asli Banjar Melalui Youtube

BANJARMASIN,klikkalsel.com – Demi melestarikan dan mengenalkan warisan budaya daerah, serta menjadikanya karya hingga diapresiasi masyarakat luas. Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2021 ini akan mengangkat Kesenian Topeng Asli Banjar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti.

“Rencananya tahun 2021 ini akan melaksanakan pagelaran pelestarian dan pembinaan seni budaya Topeng”katanya.

Menurutnya kesenian tersebut merupakan aset budaya, dimana arus diperkenalkan kepada masyarakat luas. Sebab provinsi lain sudah menampilkan Seni Topeng daerahnya seperti Kota Bali Denpasar, Kota Malang Jawa Timur, Betawi DKI Jakarta dan Kota Cirebon Jawa Barat.

“Kami ingin mengenalkan topeng asli daerah, sekaligus memberikan pertunjukan seni yang lebih kreatif dan inovatif,”ucapnya.

Suharyanti juga mengungkapkan, sejauh ini pihaknya terus menjalin komunikasi dengan semua seniman, agar kesenian dan budaya terus dapat di apresiasi semua kalangan khususnya para generasi muda.

“Dalam pegelaran nanti juga diadakan pameran seni rupa, tari hingga kegiatan seni lainnya,” tambahnya.

Namun pagelaran tersebut tak bisa dipastikan Suharyanti, sebab di masa pandemi COVID-19 yang belum diketahui kepastian melandainya, rencananya pergelaran kesenian dibuat dengan terbatas, dan tetap ketat menerapkan protokol kesehatan, serta dilaksanakan secara virtual.

“Kami selenggarakan pentas seni yang bisa disaksikan secara langsung melalui konten youtube Taman Budaya Kalsel,” Pungkasnya. (Azka).

Editor: Abadi

To Top